Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Meski Pandemi, 94% UKM di RI Berencana Perluas Bisnis Tahun Ini

Ilustrasi Usaha Kecil Menengah (UKM).

Topcareer.id – Dalam ‘Indeks Pertumbuhan Bisnis dan Resiliensi’ yang diluncurkan Sun Life baru-baru ini, dikatakan bahwa dua tahun pasca pandemic, para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia optimis akan kemajuan ekonomi dan peluang pertumbuhan bisnis di 2022.

Tahun ini, pelaku usaha berencana untuk memperluas bisnis, meski banyak di antara mereka yang belum memiliki proteksi dari sejumlah risiko yang tengah dihadapi.

Indeks tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Sun Life kepada sekitar 2.400 pemilik usaha kecil dan menengah di 7 wilayah Asia, yakni Hong Kong, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam pada 2021.

Sebanyak 354 pemilik bisnis di Indonesia menjadi responden dari survei ini, dengan beberapa temuan penting.

Temuan pertama dalam indeks tersebut, yakni sebesar 95% mengharapkan peningkatan finansial pada bisnis mereka di 2022, dan 90% mengharapkan situasi ekonomi nasional membaik.

Lalu 94% UKM memiliki rencana untuk memperluas atau menumbuhkan bisnis mereka di 2022, dengan rencana terbanyak berupa: memperluas produk/layanan yang ditawarkan (53%), digitalisasi untuk menumbuhkan bisnis (47%), mempekerjakan karyawan baru (29%), serta memperluas industri bisnis (31%).

Sementara, 52% responden melaporkan bahwa pandemi berdampak negatif pada bisnis mereka. Meski demikian, 31% menyatakan bisnis mereka justru mengalami pertumbuhan selama pandemi.

Baca juga: Ini 10 Pelatihan Di Program JKP Yang Paling Banyak Diminati

Sebesar 97% responden melakukan adaptasi pada strategi bisnis yang diterapkan untuk bertahan selama pandemi, termasuk menambahkan metode baru pada jalur distribusi (61%), memvirtualisasikan bisnis mereka (61%), dan menawarkan produk baru (39%).

Pandemi dan risiko kesehatan lainnya (59%), penurunan permintaan (52%), dan meningkatnya pajak atau kebijakan terkait (50%) menjadi 3 risiko teratas yang dihadapi pelaku UKM.

“Pandemi menghadirkan tantangan yang luar biasa bagi pelaku usaha selama 2 tahun terakhir, dan kami sangat senang melihat bagaimana para pemilik bisnis saat ini melihat prospek yang lebih positif di 2022,” kata Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Indonesia dalam siaran pers yang diterima Topcareer.id, Rabu (23/3/2022).

“Indeks Pertumbuhan Bisnis dan Resiliensi kami hadirkan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terkait seberapa percaya diri para pelaku bisnis terhadap prospek pertumbuhan dan resiliensi bisnis mereka di masa yang penuh ketidakpastian seperti saat ini,” tambah Elin.

Laporan ini juga, kata dia, menemukan bahwa pelaku UKM memiliki tingkat optimisme yang positif terhadap peluang pertumbuhan yang lebih baik tahun ini, namun diimbangi dengan pemahaman bahwa mereka masih memiliki sejumlah risiko, terutama yang dipicu oleh pandemi.

“Inilah mengapa, perencanaan keuangan dan proteksi menjadi aspek yang penting dimiliki, sebagai bagian dari upaya meningkatkan daya resiliensi bagi para pelaku bisnis,” tambah Elin.

Tinggalkan Balasan