Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Meningkatkan Presentasi Virtual

presentasi virtual.

Topcareer.id – Memberikan presentasi virtual mungkin akan dianggap terasa lebih mudah, tapi bisa jadi lebih sulit.Presentasi virtual dapat menjadi tantangan karena ada kecenderungan yang lebih besar untuk mengalihkan perhatian audiens.

Meski virtual, kamu tetap bisa meningkatkan presntasimu denga mengikuti beberapa tips berikut ini:

Pastikan pencahayaanmu bagus

Hindari cahaya latar, karena ini akan membuatmu tenggelam dalam bayangan. Jika kamu memiliki jendela di belakangmu, tutuplah tirainya. Cahaya seharusnya datang dari arah depanmu.

Pemakai kacamata juga harus menyesuaikan sudut sumber cahaya mereka untuk mengurangi silau. Banyak presenter virtual menggunakan lampu cincin untuk pencahayaan yang optimal.

Perhatikan latar belakang

Penonton dapat melihat apa yang ada di belakangmu, jadi pilihlah area yang bersih dan rapi. Jika kamu melakukan presentasi dari rumah, pastikan tidak ada yang bersifat pribadi atau berpotensi memalukan di latar belakang.

Jika tidak mungkin untuk mengontrol lingkunganmu, pilihlah perangkat lunak konferensi video yang memungkinkan latar belakang virtual seperti Zoom.

Nyamankan diri dengan teknologi

Lakukan beberapa percobaan dengan software untuk membiasakan diri dengan kontrol dan kemampuan, seperti cara membisukan diri sendiri atau orang lain, dan cara menjawab pertanyaan audiens.

Baca juga: 7 Langkah Efektif Untuk Pemecahan Masalah Di Tempat Kerja

Pastikan semuanya bekerja dengan baik

Jauh sebelum presentasi, uji kamera, mikrofon, dan koneksi internetmu untuk mencegah gangguan. Sesuaikan jarakmu dari kamera sehingga kepala dan bahumu mengambil sebagian besar bingkai.

Lihat webcamnya

Saat melakukan presentasi langsung, kamu akan melihat ke arah hadirin. Ini akan menjadi bumerang dalam presentasi virtual. Sebaliknya, perhatikan kamera sepanjang waktu; ini akan memberi setiap peserta perasaan bahwa kamu sedang menatap mereka secara langsung.

Berinteraksi dengan penonton

Setiap 10 menit atau lebih, berinteraksilah dengan audiens dengan mengajukan pertanyaan dan minta mereka menjawab di jendela obrolan. Kemudian sebutkan beberapa jawaban dan komentari, dengan menyebutkan nama individu.

Minta bantuan teman

Jika memungkinkan, mintalah orang lain menjadi admin. Simpan salinan presentasi untukmu sendiri dan juga teruskan slide ke individu yang ditunjuk jika ada masalah teknis. Asistenmu juga dapat memantau obrolan untuk hal-hal penting yang perlu dikomentari.

Leave a Reply