Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tetap Mau Olahraga Pas Puasa? Lakukan di 4 Waktu Ini

olahraga saat puasa.

Topcareer.id – Mempertahankan rutinitas olahraga yang normal bisa menjadi lebih sulit selama puasa Ramadan. Namun, olahraga tetap perlu untuk tubuh demi menjaga tingkat energi, pikiran jernih, dan metabolisme stabil.

“Bulan suci seharusnya tidak menjadi waktu bagimu untuk menyerah pada tujuan kebugaran. Sebaliknya, jadikan Ramadan sebagai waktu untuk mengisi ulang energi sehingga kamu dapat berolahraga dengan kuat setelah empat minggu ini,” kata Ahmed Al Sayed, pelatih pribadi di Fitness First, mengutip laman The National.

Waktu terbaik untuk berolahraga

Selama puasa, dengan suhu tinggi dan tidak ada cairan dari matahari terbit hingga terbenam, kamu akan membahayakan kesehatanmu dengan terlalu memaksakan diri.

Tidak disarankan untuk melakukan latihan kardio yang intens dan latihan beban berat saat berpuasa. kamu juga harus mengurangi rutinitasmu menjadi dua sesi kardio seminggu sepanjang bulan suci.

Berikut adalah empat pilihan terbaik untuk berolahraga selama Ramadan, menurut Fitness First:

1. 90 menit sebelum matahari terbenam

Olahraga ringan menuju bagian hari yang lebih dingin itu berarti kamu dapat segera mengisi kembali dirimu dengan air, dan menuai manfaat dari berolahraga dengan perut kosong.

Namun, latihan apapun yang dilakukan saat ini harus ringan dengan lebih banyak latihan ketahanan, pengulangan dan beban rendah, dan banyak peregangan. Ini juga saat yang tepat untuk jalan cepat atau jogging ringan.

2. Setelah makan malam

Meskipun kardio bisa sulit dilakukan dengan perut kenyang, sekitar satu jam setelah buka puasa adalah waktu yang tepat untuk latihan beban.

Baca juga: Tips Biar Nggak Lemas Kerja Saat Puasa (Bagian 2)

Pada hari-hari kamu berencana untuk berolahraga setelah makan, kamu mungkin ingin menambahkan sedikit makanan ekstra untuk mengisi bahan bakar tubuhmu, dan memastikan kamu minum banyak air untuk rehidrasi.

3. Antara jam 11 malam dan 2 pagi

Untuk night owl, waktu terbaik untuk berolahraga mungkin antara jam 11 malam dan 2 siang, setelah makananmu memiliki sedikit waktu untuk mengendap dan tubuhmu telah sepenuhnya terhidrasi.

Jika kamu telah berhasil mendapatkan istirahat di sore hari, berolahraga pada saat ini mungkin menguntungkan, karena lebih sejuk daripada siang hari, dan masih akan membuatmu tidur beberapa jam lagi sampai kamu bangun untuk memulai hari.

4. Antara jam 3 pagi dan 4 pagi

Untuk bangun pagi, waktu terbaik untuk berolahraga mungkin sebelum sahur pagi. Dengan cara ini, kamu akan memiliki energi dari makan malam sebelumnya, namun perut kosong.

Kamu dapat menghidrasi saat berolahraga dan setelah selesai, makan lagi untuk mengisi bahan bakar. Metode ini juga akan membuatmu mendapatkan energi untuk hari ke depan.

Leave a Reply