TopCareerID

5 Tips Jitu Mempertahankan Pekerjaan setelah Direkrut

Ilustrasi orang yang terlalu cinta dengan pekerjaan bisa merusak kesehatan mental.

Ilustrasi orang yang terlalu cinta dengan pekerjaan bisa merusak kesehatan mental. (Dok/payscale.com)

Topcareer.id – Hanya karena kamu telah berhasil mendapat pekerjaan bukan berarti kamu pasti bertahan lama di posisi baru kamu.

Perusahaan akan belajar lebih banyak tentang kamu setelah mereka membawamu bergabung dalam tim dan memberimu pekerjaan.

Bukan hanya apa yang kamu lakukan yang bisa menentukan apakah kamu akan dipertahankan atau dipecat dalam pekerjaan.

Apa yang tidak kamu lakukan pun bisa menentukan status kamu di sebuah perusahaan.

Coba jalani beberapa strategi kerja sederhana berikut ini untuk membantu mempertahankan pekerjaan yang sudah kamu peroleh.

1) Pahami Posisinya
Pahami apa sih sebenarnya pekerjaan yang perusahaan berikan untuk kamu.

Banyak perusahaan tidak memberikan deskripsi pekerjaan tertulis untuk karyawan. Hal ini bisa menyebabkan miskomunikasi.

Mintalah deskripsi pekerjaan tertulis segera setelah kamu bergabung untuk memastikan kamu melakukan semua yang perusahaan inginkan dari kamu.

Setelah tahu apa yang harus kamu lakukan, cobalah untuk melampaui harapan atasan kamu.

2)Temui Orang yang Tepat
Menemukan orang yang dapat membantu kamu sukses itu sangat penting untuk mempertahankan pekerjaan dan menaiki tangga karier.

Tanyakan kepada orang lain yang bekerja dengan kamu bagaimana hubungan pekerjaanmu dengan pekerjaan mereka.

Coba cari tahu tentang pendahulu kamu dan tanyakan tips bekerja di kantor baru.

Kembangkan hubungan dengan manajer senior yang akan mengevaluasi kamu dan merekomendasikanmu untuk promosi atau PHK.

3) Tingkatkan Keterampilan
Membuat diri kamu sulit untuk digantikan adalah penting untuk mempertahankan pekerjaanmu di pasar kerja saat ini.

Kamu bisa menjadikan diri sangat berharga dengan meningkatkan jumlah dan kualitas pekerjaan yang kamu lakukan.

Mintalah orang lain untuk memberi tahu kamu bagaimana mereka melakukan pekerjaannya.

Mengetahui di mana semuanya berada dan bagaimana cara kerjanya di departemen kamu akan membuatmu menonjol.

Baca juga: Cara Tetap Bahagia dalam Pekerjaan yang Kamu Tidak Suka

4) Mintalah Umpan Balik
Jangan menunggu tinjauan tahunan perusahaan untuk mengetahui pendapat atasan kamu tentang dirimu.

Setelah beberapa minggu pertama kamu bekerja, tanyakan kepada atasan bagaimana kabar kamu dan minta umpan balik spesifik.

Bandingkan dirimu dengan rekan kerja dan bagaimana kinerja mereka, lalu mintalah rekan kerja untuk mengomentari.

5) Menavigasi Politik Kantor dengan Hati-hati
Kamu mungkin akan bekerja dengan pengganggu, penggosip, mediator, dan orang-orang yang malas, suka membantu, tidak jujur, dan negatif.

Pelajari siapa yang harus dihindari dan siapa yang dapat membantu memperkuat posisi kamu di tempat kerja.

Jangan terpaku pada satu klik, tetapi hindari dianggap menyendiri dengan tidak bersosialisasi.

Bangun jaringan orang-orang yang suatu saat nanti akan dapat membantumu dan pastikan kamu melakukan apa yang kamu bisa untuk membantu mereka.**(Feb)

Exit mobile version