Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Wajib Tahu! Mengenal 4 Jenis Pemrograman Utama Komputer

Programmer. Dok/VapulusProgrammer. Dok/Vapulus

Topcareer.id – Mesin yang kamu gunakan setiap hari, termasuk mobil dan ponsel cerdas, tidak dapat melakukan permintaan kamu tanpa pemrograman komputer.

Ada empat jenis utama pemrograman komputer untuk sebagian besar pekerjaan sebagai programmer saat ini.

Merekalah yang membuat instruksi yang kamu perintahkan ke mesin bisa bekerja dengan baik.

Computer Hardware Programmers
Semua komputer membutuhkan instruksi dalam bahasa yang dapat mereka pahami.

Umumnya, programmer hardware menulis instruksi dasar ini dalam bahasa mesin yang memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan ketika kamu menekan tombol daya dan menggunakan keyboard atau mouse.

Program ini juga menyertakan instruksi untuk teks atau interface yang ditampilkan komputer kamu.

Tanpa kedua set instruksi, kerjasama antara manusia dan komputer tidak dapat terjadi.

Segera setelah kamu menyalakan komputer, komputer mulai membaca pemrograman yang telah dimasukkan ke dalam area penyimpanan memori permanennya.

Kemudian, ini menampilkan informasi terprogram yang memberi tahu kamu cara memilih apa yang akan dilakukan komputer selanjutnya.

Software developer
Pengembang perangkat lunak atau software developer merancang dan mengelola fungsi pemrograman yang berkisar dari perangkat lunak pengolah kata hingga aplikasi pengeditan grafik.

Tanpa adanya software developer, manusia perlu menulis pemrograman bahasa mesin mereka sendiri untuk membuat komputer membuka file, mengeditnya dan menyimpan atau mencetak pekerjaan mereka.

Dalam beberapa kasus, software developer merancang program untuk fungsi khusus yang dibutuhkan oleh perusahaan, pemerintah, atau organisasi alih-alih program untuk dibeli dan digunakan oleh publik.

Mereka juga membuat program yang bisa menjalankan sistem operasi untuk komputer, jaringan, dan bahkan smartphone.

Database developer
Basis data sering berjalan tanpa terlihat di belakang layar perangkat lunak pengguna dan situs web.

Kebutuhan untuk mengumpulkan, mengatur, menyortir dan mengambil bagian informasi yang terkait menciptakan permintaan untuk pengembangan database.

Untuk direktori telepon lokal, bank, dealer mobil, pemerintah dan e-commerce seperti Amazon, semuanya bergantung pada data base developer yang menulis instruksi untuk program manajemen data.

Mereka juga menyesuaikan dan merevisi basis data yang ada ketika mereka membutuhkan instruksi yang dimodifikasi untuk berjalan dengan benar dan memenuhi persyaratan sistem bisnis khusus.

Meskipun ada banyak opsi yang digunakan, database developer sering menggunakan Bahasa Kueri Terstruktur untuk pemrograman mereka.

Baca juga: Ini Hebatnya Orang yang Menguasai Ilmu Pemrograman

Web developer
Internet juga membutuhkan programmer atau pengembang untuk merancang dan membuat situs web yang kamu kunjungi.

Pemrogram ini menggunakan berbagai perangkat lunak atau skrip yang menentukan tugas apa yang dapat kamu lakukan saat mengakses situs.

Situs paling sederhana, seperti blog atau portofolio artis, masih membutuhkan seseorang web developer untuk merancang struktur, fungsi, dan informasi yang kamu dan orang lain lihat.

Bahasa pemrograman umum untuk situs web termasuk HyperText Markup Language dan JavaScript.

Namun, pengembang situs web juga menggunakan aplikasi seperti Drupal, WordPress, atau Joomla, tetapi mereka menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan pemilik situs.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply