Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 27, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Biar Nggak Merasa Tertinggal di Tempat Kerja, Kuasai Softskill Ini (Bagian 1)

Sistem kerja hybrid.meeting online

Topcareer.id – Jika kamu merasa selalu tertinggal dalam pasar kerja, itu artinya kamu perlu mengupdate soft skills, apalagi di tempat kerja yang kompetitif seperti saat ini. Perubahan era pandemi pada cara kita berkomunikasi dan memecahkan masalah, membutuhkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi yang kuat.

Namun, 39% karyawan mengatakan frustrasi utama mereka di tempat kerja adalah bahwa perusahaan mereka tidak memberikan pelatihan soft skill yang efektif, menurut penelitian yang ditugaskan oleh CFA Institute, di mana Barbara Petitt, adalah direktur pelaksana pembelajaran profesional.

Akibatnya, banyak dari kita terpaksa mengembangkan keterampilan ini sendiri dan bahkan ada yang tertinggal. Berikut adalah lima yang perlu kamu prioritaskan saat ini:

1. Rasa ingin tahu

Karyawan yang ingin tahu itu menantang; mereka mengajukan pertanyaan terkait yang memperluas cakupan ide atau proyek.

Orang yang paling ingin tahu dapat melihat kemungkinan baru yang biasanya tersembunyi di balik ketidakjelasan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Mengasah keterampilan rasa ingin tahu akan membantumu menemukan solusi hebat dengan lebih cepat dan lebih kreatif,” kata Petitt dalam laman CNBC Make It.

Cara mengembangkan keterampilan rasa ingin tahu: Didiklah diri sendiri tentang topik yang tidak kamu ketahui.

Baca juga: Peringatan! Jangan Tampilkan Kesan Ini Di Resume

2. Inovasi

Keingintahuan dapat membantumu menghasilkan ide-ide baru, tetapi inovasi mendorong kolaborasi dan penemuan yang diperlukan untuk menghidupkan ide.

“Misalnya, ketika saya bekerja sebagai konsultan, saya melihat bahwa orang-orang yang menemukan solusi inovatif untuk masalah klien adalah kekuatan pengikat yang membuat semua orang bersemangat untuk bekerja sama,” jelasnya.

Bagaimana mengembangkan keterampilan inovasi: Rekan kerja dan pelangganmu adalah sekutu terbaik dalam menghasilkan ide-ide yang unik dan dapat ditindaklanjuti. Berkolaborasilah dengan mereka.

3. Kecepatan

Kecepatan melibatkan kemampuan menyerap pengetahuan dengan cepat, menerapkannya, dan menyampaikannya. Berkat teknologi dan kekayaan informasi yang tersedia secara instan, keputusan yang biasanya memakan waktu berminggu-minggu sekarang dapat dibuat dalam hitungan hari, atau bahkan jam.

“Sekarang, ketika saya mewawancarai seseorang, saya meminta mereka untuk memberi saya contoh situasi profesional yang menantang di mana mereka harus memenuhi tenggat waktu yang sulit. Jika mereka dapat menjelaskan kepada saya, dengan spesifik tentang bagaimana mereka mewujudkannya di bawah tekanan waktu, saya merasa jauh lebih percaya diri mempekerjakan mereka,” tuturnya.

Cara mengembangkan kemampuan kecepatan: Jadilah sukarelawan untuk mengambil tugas yang menarik saat ditawarkan kepadamu, dan perhatikan baik-baik bagaimana kamu mengatur waktumu.

Tinggalkan Balasan