Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hindari 5 Kesalahan Ini Jika Ingin Jadi Orang yang Percaya Diri (Bagian 2)

percaya diri di kantor.Ilustrasi. (dok. Newrow)

Topcareer.id – Apakah ketika kamu bicara, kamu pernah merasa seperti orang mengabaikanmu? Kemungkinan, hal itu tidak ada hubungannya dengan apa yang kamu bicarakan, tapi lebih berkaitan dengan penyampaianmu dan rasa percaya diri.

Vanessa Van Edwards, Ahli bahasa tubuh menyampaikan, ketika kita mengamati seseorang berbicara, kita mendengarkan dua hal: Keyakinan dan emosi. Keyakinan adalah isyarat kuat yang membuat orang menganggap Anda serius. Emosi adalah aspek kehangatan, dan membuat orang menganggap Anda menarik.

“Sebagai pelatih bahasa tubuh dan berbicara di depan umum, saya telah bekerja dengan ratusan orang untuk meningkatkan cara mereka dilihat oleh orang lain,” kata Edwards, dalam laman CNBC Make It.

Jika kamu ingin membuat kesan pertama yang kuat atau meningkatkan reputasi, hindari kesalahan ini yang tidak pernah dilakukan oleh orang yang paling percaya diri dan menarik.

3. Membuat skrip

“Scripting adalah perusak terbesar variasi vokal. Saya sering membantu pembicara menyusun TED Talks mereka, dan saya menemukan bahwa mereka membuat dua kesalahan umum: Terlalu banyak menulis naskah presentasi mereka, dan kemudian melatih semua emosi darinya,” kata Edwards.

Dalam satu sesi latihan, seorang klien memulai dengan nada yang paling membosankan dan monoton: “Hari ini saya senang berbagi perkembangan ilmiah paling menarik dalam dekade terakhir. Itu akan mengubah hidup Anda.”

“Tunggu,” kataku padanya. “Apakah kamu benar-benar senang? Apakah itu benar-benar mengasyikkan? Anda tidak terdengar sangat bersemangat. ”

“Dia mengatakan kepada saya bahwa dia berlatih berkali-kali untuk mendapatkan kata-kata yang benar sehingga dia lupa semua tentang penyampaiannya,” ujarnya.

Baca juga: Biar Nggak Merasa Tertinggal Di Tempat Kerja, Kuasai Softskill Ini (Bagian 1)

Solusinya? Jauhkan skrip dan bagian emosional dari pembicaraanmu tanpa naskah. Tulis saja beberapa poin penting yang ingin kamu ingat. Ini memaksamu untuk memasuki emosi sebenarnya yang mendasari kata-katamu.

4. Gunakan pengisi verbal

Orang-orang menggunakan pengisi verbal (um, jadi, seperti, yah, Anda tahu) karena dua alasan utama. Pertama, mengulur waktu sambil memikirkan poin berikutnya. Kedua, karena takut diganggu. Kita percaya tidak ada cukup waktu atau perhatian, jadi kita mengisi poin dengan kata-kata yang tidak jelas.

Ini juga mengapa orang berbicara terlalu cepat dan kemudian tersandung kata-kata mereka. Tetapi orang yang percaya diri memahami kekuatan jeda: Ini menunjukkan kompetensi dan kepercayaan diri.

“Setiap kali kamu merasa ingin menggunakan filler, tarik napas saja. Jika kamu tidak sengaja menggunakan pengisi verbal, jangan bereaksi dan jangan meminta maaf. Ini adalah cara lambat untuk melatih kembali otakmu agar otak berhenti sejenak alih-alih mengisi,” kata Edwards.

5. Bicara dengan nada pertanyaan

Orang-orang yang paling berkuasa menghindari perubahan pertanyaan dengan segala cara. Saat kamu menggunakan infleksi pertanyaan, nada suaramu naik di akhir kalimat.

“Misalnya, saya pernah bekerja dengan perwakilan penjualan yang, sayangnya, memiliki tingkat konversi terendah di lean-nya. Selama pertemuan lapangan, dia akan berkata, “Kami ingin memiliki bisnis Anda,” dan kemudian menanyakan apa yang seharusnya menjadi pernyataan: “Harga layanan kami adalah $500?”

Dia tidak menyebutkan harganya, dia menanyakannya. Dan ini memberi isyarat kepada prospek untuk mempertanyakannya juga. Mereka mendorongnya untuk diskon, tawar-menawar dan bernegosiasi dengannya. Astaga.

Ketika kamu tidak memberikan kekuatan vokal, orang akan menganggapmu lebih serius dan percaya pada apa yang kamu katakan.

Leave a Reply