Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

7 Tipe Bos Berengsek, Begini Ciri-cirinya (Bagian 1)

Tipe bos berengsek

Topcareer.id – Mungkin secara sadar atau tidak, kita pernah bekerja dengan seseorang yang memiliki efek negatif pada emosional kita. Bekerja dengan tipe orang seperti itu bahkan bisa sangat menguras energi. Tapi, kamu bisa membekali diri untuk mencegah mereka menghabiskan energimu.

Seorang Psikolog Sosial dan Profesor di New York University, Tessa West mempelajari bagaimana orang berkomunikasi selama hampir dua dekade. Ia lantas menjabarkan 7 tipe orang berengsek yang biasa ditemui di tempat kerja.

1. The Kiss-Up/Kick-Downer

Kiss-up/kick-downer mencapai puncak dengan cara apa pun yang diperlukan, yang mungkin berarti menyabotase dirimu. Atasan menyukai mereka karena mereka berkinerja terbaik.

Perilaku licik yang harus diperhatikan:

Meremehkanmu di depan atasan. Mereka memulai dari yang kecil, seringkali dengan komentar yang mempertanyakan keahlianmu: “Apakah kamu benar-benar tahu cara mendapatkan klien itu? Kamu kan cuma punya pengalaman dua bulan. ”

Menyimpan perilaku buruk untuk waktu demi waktu. Harapkan tindakan sabotase kecil, permintaan bantuan yang tidak pantas, dan penyesatan.

Menawarkan bantuan kepada bos yang kewalahan. Jika bosmu membutuhkan pekerjaan yang dilakukan di luar jam kerja atau seseorang untuk bertugas di komite yang ditakuti itu, Kiss-up/kick-downer akan maju.

2. Gaslighter

Yang paling beracun dari semua orang berengsek di kantor, gaslighter berbohong dengan maksud menipu dalam skala besar. Mereka mengisolasi korbannya terlebih dahulu, lalu perlahan membangun realitas palsu yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Perilaku licik yang harus diperhatikan:

Membuatmu merasa seperti bagian dari sesuatu yang istimewa. Berhati-hatilah jika bos memintamu untuk bergabung dengan proyek rahasia dengan “imbalan besar” atau menjadi anggota klub yang “hanya yang terbaik dan tercerdas” yang diundang.

Baca juga: Teknologi Pengenalan Wajah Belum Memiliki Masa Depan Pada Usaha Kecil

Mengisolasimu dengan menghancurkan rasa harga dirimu. “Jika bukan karena saya, kamu sudah lama dipecat” dan “Tidak ada orang lain yang berpikir bahwa kamu pantas mendapatkan pekerjaan ini, saya harus benar-benar berjuang untukmu” adalah hal-hal yang mungkin kamu dengar dari gaslighter.

Mengukur pendapat orang dengan kebohongannya — mulai dari yang kecil. Gaslighter menyukai sedikit gosip palsu sebagai pemanasan untuk hal-hal yang lebih mengerikan: “Steven hanya sampai di sini karena dia dulu berkencan dengan putri bos. Jangan percaya apapun yang dia katakan.”

3. Pencuri Kredit

Tipe pencuri kredit adalah serigala berbulu domba. Mereka mungkin tampak seperti temanmu, tetapi akan mengkhianati kepercayaanmu jika idemu cukup bagus untuk dicuri.

Perilaku licik yang harus diperhatikan:

Menunggu saat-saat ambiguitas untuk mengambil kredit. Pikirkan: pertemuan kelompok, makan siang perusahaan, sesi umpan balik informal — semua tempat di mana tidak ada yang melacak siapa yang melakukan apa.

Berpura-pura menjadi seseorang yang bisa dipercaya. Mereka bisa menjadi mentee, sekutu, dan yang disebut teman. Bos baru yang merasa terancam oleh kesuksesanmu kemungkinan besar adalah kandidat.

Pencuri kredit juga bisa menjadi orang biasa yang memiliki bias yang membuat mereka melebih-lebihkan peran mereka dalam pengambilan keputusan. Apa yang terasa beracun bagi kita terasa dibenarkan bagi mereka.

Leave a Reply