Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cari Tahu Seperti Apa Pribadimu dari Kebiasaan Tidur

Kebiasaan tidur

Topcareer.id – Saat tidur tanpa sadar kita membangun kebiasaan sendiri, misalnya kapanpun di manapun kamu mudah sekali tidur, atau malah sering terbangun saat tidur. Setiap kebiasaan tidur itu punya artinya, dan beberapa mungkin baik untuk karier.

“Jika seseorang kelelahan, gampang bingung, tidak dapat berkonsentrasi, berjuang untuk mengingat informasi atau sering sakit, itu menunjukkan kebiasaan tidur yang buruk, dan sebaliknya,” kata pakar tidur Olivia Arezzolo, dikutip dari The Ladders.

Jadi, apa yang diungkapkan kebiasaan tidurmu tentang dirimu? Berikut ulasannya.

Terbangun di malam hari

Apakah kamu sering terbangun untuk pergi ke kamar mandi di tengah malam? Apakah kamu seorang mudah terganggu karena sedikit kebisingan? Jika demikian, kamu mungkin sedang stres. Efek dari perasaan cemas atau kesulitan melepaskan diri dari pekerjaan dapat terus menghampiri ketika kamu tertidur. Stres menghasilkan kortisol, yang memengaruhi kemampuan tubuhmu untuk tetap tidur.

Bangun di malam hari juga bisa berarti kamu cenderung menikmati saat-saat bahagia yang meregang hingga malam hari.

Kamu sulit tidur

Kamu mungkin adalah tipe orang yang suka menelusuri Instagram di tempat tidur atau menonton Netflix sebelum memejamkan mata. Dan cahaya biru dari layar mengacaukan ritme sirkadian tubuhmu, jam internal yang mengatur energi sepanjang hari dan terutama dikendalikan oleh cahaya.

“Dengan tidak adanya cahaya, kamu menghasilkan melatonin yang membantumu tetap tidur. Di hadapan cahaya, kamu menghasilkan kortisol yang membantumu tetap terjaga. Meskipun ini ideal di siang hari, jelas tidak di malam hari,” kata Arezzolo.

Ia menambahkan, bertelepon sampai larut malam dapat menyebabkan kurang tidur, meningkatkan hormon stres kortisol hingga 37%. Ini membuatmu merasa gelisah dan cemas.

Kamu merasa kebingungan di pagi hari terlepas dari seberapa banyak kamu tidur

Jika bangun dari tempat tidur terasa seperti siksaan, kamu mungkin seseorang yang mandi di pagi hari daripada di malam hari. Begini kaitannya antara cara mandi dan tidur: Tidur yang baik adalah tentang kualitas dan kuantitas. Dan bangun dengan perasaan pusing bisa menjadi tanda bahwa kamu kesulitan mengakses tahap tidur yang lebih dalam.

“Untuk bisa tidur nyenyak, yang sangat penting untuk peremajaan mental dan fisik, kamu membutuhkan melatonin tingkat tinggi. Karena melatonin diproduksi setelah penurunan suhu tubuh inti, pergi ke kamar mandi yang lebih dingin setelah mandi uap memfasilitasi proses ini,” kata Arezzolo.

Baca juga: Rutin Olahraga Tapi Jadi Jerawatan? Coba 8 Tips Ini

Kamu secara teratur menjalani hari hanya dengan beberapa jam tidur

Menurut ebook “Signature 7-Step Bedtime Routine” Arezzolo, 52% orang melaporkan merasa murung dan gelisah ketika kurang tidur. Jadi, jika kamu cenderung berhemat saat tidur agar lebih produktif, ketahuilah bahwa ini mungkin membuatmu lebih rentan kehilangan kesabaran di tempat kerja.

Lebih lanjut, penelitian menunjukkan 29% dari semua kesalahan di tempat kerja disebabkan oleh kurang tidur. Jadi, tidak memprioritaskan tidur sebenarnya dapat menyebabkan kesalahan seperti mengirim email terlalu cepat atau membiarkan tugas penting gagal.

Kamu tidur nyenyak dan terbangun dengan perasaan santai

Tidak semua kebiasaan tidur mengungkap bidang-bidang perbaikan. Jika kamu mudah tertidur dan bangun dengan perasaan siap menghadapi dunia setelah tertidur selama delapan jam, itu mungkin hanya menunjukkan seberapa besar kamu menghargai diri sendiri dan kesehatanmu.

“Jika seseorang berjuang untuk memprioritaskan tidurnya, itu juga mencerminkan rendahnya penilaian diri, dan kurangnya pemahaman tentang pentingnya tidur untuk kebahagiaan, kesehatan, dan kesuksesan karier,” kata Arezzolo.

Leave a Reply