Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, November 22, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Mau Tembus Wawancara Kerja? Gunakan Metode STAR

Topcareer.id – Metode wawancara STAR adalah teknik yang dapat kamu gunakan untuk menghadapi wawancara kerja.

STAR adalah singkatan dari Situation (situasi), Task (tugas), Action (tindakan), dan Result (hasil).

Metode ini akan membantumu mempersiapkan tanggapan yang jelas dan ringkas menggunakan contoh kehidupan nyata.

Dalam artikel ini, dibahas strategi STAR dan memberikan contoh komponennya.

Bagaimana cara kerja metode STAR?
Metode STAR membantu kamu untuk membuat cerita yang mudah diikuti dengan konflik dan resolusi yang jelas.

Situation (Situasi)
Atur cerita dengan berbagi konteks seputar situasi atau tantangan yang kamu hadapi.

Dalam kebanyakan kasus, yang terbaik adalah menggambarkan situasi kerja yang relevan tetapi tergantung pada jumlah pengalaman yang kamu miliki.

Penting juga untuk berbicara tentang contoh spesifik daripada tanggung jawab umum kamu.

Contoh: “Dalam peran terakhir saya sebagai desainer utama, ada titik waktu ketika tim saya kekurangan staf dan menghadapi tumpukan pekerjaan yang signifikan. Account Manager menetapkan tenggat waktu yang tidak realistis, yang menyebabkan stres bagi tim saya dan memengaruhi moral.”

Task (Tugas)
Jelaskan tanggung jawab atau peran kamu dalam situasi atau tantangan yang sudah kamu ceritakan.

Dengan kata lain, diskusikan tujuan atau tugas yang ditetapkan untuk kamu.

Bagian ini membutuhkan waktu minimal yang mirip dengan komponen situasi. Sekali lagi, pertimbangkan hanya satu atau dua poin yang paling menggambarkan tugas yang harus kamu selesaikan.

Contoh: “Sebagai pemimpin tim, peran saya tidak hanya untuk memastikan tim saya memenuhi tenggat waktu kami, tetapi juga untuk mengomunikasikan bandwidth ke departemen lain dan membuat tim saya tetap termotivasi.”

Action (Tindakan)
Jelaskan tindakan spesifik yang kamu ambil untuk menangani situasi atau mengatasi tantangan.

Jawaban kamu ini membutuhkan deskripsi yang singkat, jelas, padat. Bagian ini akan menunjukkan kelayakan kamu untuk menempati posisi tertentu di perusahaan baru.

Identifikasi dan diskusikan beberapa langkah paling berdampak yang kamu ambil agar menemukan kesuksesan.

Contoh: “Saya menyiapkan proses permintaan materi iklan formal termasuk perkiraan waktu proyek untuk menetapkan harapan yang lebih baik. Saya menjadwalkan pertemuan mingguan dengan account manajer untuk membahas bandwidth tim saya dan berbagi pembaruan kemajuan. Saya juga terus memberi tahu tim saya tentang proses baru, sehingga mereka dapat merasa tenang mengetahui masalah yang sedang ditangani.”

Baca juga: Cara Jitu Membuat Perusahaan Terkesan saat Wawancara Kerja

Result (Hasil)
Apa hasil yang kamu capai melalui tindakan kamu? Ini juga merupakan bagian penting dari respons kamu untuk fokus.

Kamu harus meluangkan lebih sedikit waktu untuk mendiskusikan hasil daripada tindakanmu.

Putuskan apa dua atau tiga hasil yang paling mengesankan dan bicarakan ini.

Hitung kesuksesan kamu atau berikan contoh nyata tentang efek upaya kamu jika memungkinkan.

Selain itu, diskusikan apa yang kamu pelajari, bagaimana kamu tumbuh dan mengapa kamu bisa menjadi karyawan yang lebih kuat karena pengalaman tersebut.

Contoh: “Dengan memberikan lebih banyak transparansi ke dalam proses tim saya dan menetapkan harapan yang lebih baik dengan account manager, kami dapat memprioritaskan ulang daftar tugas tim desain dan menyelesaikan semua yang ada di backlog kami. Saya mengambil pembelajaran ini, terus menerapkan struktur ini dan sebagai hasilnya, pada kuartal berikutnya, kami mempersingkat waktu rata-rata proyek kami menjadi dua hari. Saya juga belajar betapa pentingnya berkomunikasi dengan jelas antar tim.”

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply