Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 17, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Setelah 27 Tahun Beroperasi, Browser Lawas Ini Resmi Pensiun

Topcareer.id – Setelah hampir 27 tahun beroperasi, produk ikonik Microsoft, yakni Internet Explores resmi pensiun. Internet Explorer 11 sekarang tidak kompatibel dengan produk Microsoft (MSFT), seperti yang diumumkan oleh perusahaan dalam posting blog Rabu (15/6/2022).

Langkah ini dilakukan lebih dari setahun setelah Microsoft pertama kali mengumumkan niatnya untuk menghapus IE dari produk. Ini menandai perpisahan terakhir untuk browser yang telah keluar selama bertahun-tahun.

Pada Agustus 2020, misalnya, perangkat lunak obrolan tempat kerja Microsoft Teams berhenti bekerja dengan IE, dan 365 aplikasinya (termasuk Office) tidak lagi berfungsi di IE pada pertengahan musim panas 2021.

Selama beberapa bulan ke depan, pengguna yang mengklik ikon IE akan dialihkan ke Microsoft Edge, jawaban terbaru perusahaan untuk penelusuran web, dalam “mode IE.”

Mode IE memungkinkan pengguna mengakses situs web dan aplikasi lama berbasis Internet Explorer dari Edge. Akhirnya, Microsoft berencana merilis Pembaruan Windows yang akan menghapus semua ikon IE dari perangkat.

“Web telah berevolusi dan begitu juga browser. Peningkatan tambahan pada Internet Explorer tidak dapat menandingi peningkatan umum pada web pada umumnya, jadi kami memulai dari awal,” kata Sean Lyndersay, General Manager Microsoft Edge Enterprise, mengatakan dalam posting blog.

Baca juga: Wah! IOS 16 Apple Bisa Lihat Password WiFi, Begini Caranya

Penghentian IE berdampak pada semua versi Windows 10 Home, Pro, Enterprise, Edu, dan IoT yang saat ini didukung.
Setelah browser web paling populer, Internet Explorer mengalami penurunan yang stabil selama hampir dua dekade.

Setelah memulai debutnya pada tahun 1995 sebagai bagian dari Windows 95 dan menjadi hit instan, browser menikmati monopoli virtual sepanjang awal 2000-an. Pada puncaknya tahun 2002, Internet Explorer menguasai 95% pasar browser.

Tetapi Microsoft membiarkan IE 6 gagal selama lima tahun tanpa versi baru, mendorong pelanggan ke opsi peramban lain yang lebih mutakhir. IE segera dikenal karena bug, masalah keamanan, dan teknologi lambat, dan pangsa pasar browser turun di bawah ambang batas 50% pada tahun 2010.

Dalam empat bulan pertama tahun 2022, browser duduk di sekitar 1,8%, menurut penggunaan browser pelacak NetMarketShare. Google (GOOG) Chrome adalah pemimpin browser, menguasai 73% pasar.

Dalam pengumumannya tahun lalu, Microsoft mengatakan Internet Explorer lambat, tidak lagi praktis atau kompatibel dengan banyak tugas web modern, dan jauh lebih tidak aman daripada browser modern.

Leave a Reply