Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Mulai Hari Ini, Stasiun Matraman Uji Coba Naik Turun Penumpang KRL

Stasiun Matraman. (dok. KAI Commuter)Stasiun Matraman. (dok. KAI Commuter)

Topcareer.id – Mulai Jumat (17/6/2022), Stasiun Shelter Matraman dibuka untuk melakukan uji coba operasi pelayanan naik dan turun pengguna KRL Commuterline. Stasiun Shelter Matraman diprediksi akan melayani rata-rata pengguna sebanyak 2.203 orang per hari.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Dan Banten (BTPWJB), telah merampungkan pembangunan Stasiun Shelter Matraman.

Pekerjaan pembangunan Stasiun Shelter Matraman ini sendiri merupakan lanjutan dari proyek strategis pemerintah dalam pembangunan Infrastruktur Perkeretaapian yaitu Double-Double Track (DDT) pada lintas Manggarai – Cikarang, yang dimulai sejak tahun 2016.

“Prediksi jumlah pengguna yang naik 1.100 orang sedangkan pengguna yang turun sebanyak 1.103 orang pengguna. Stasiun Shelter Matraman ini diharapkan dapat melayani pengguna KRL yang berada di sekitar wilayah jalan Matraman dan wilayah Kampung Melayu,” tulis keterangan dalam laman resmi KRL Commuterline, dikutip Jumat (17/6/2022).

Letak Stasiun Shelter ini sangat strategis sisi timur Stasiun Shelter langsung terhubung dengan jalan Raya Matraman, Jakarta Timur dan terintegrasi dengan halte bus Trans Jakarta Koridor 5 sehingga akan memudahkan pengguna KRL untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan moda transportasi lain.

Baca juga: Lego Bakal Investasi Lebih Dari $1 Miliar Untuk Pabrik Bebas Karbon Di AS

Berlokasi tepat di Km 1 +400 lintas antara Stasiun Jatinegara – Manggarai, Stasiun Shelter Matraman merupakan stasiun yang hanya melayani operasional naik dan turun pengguna KRL.

Stasiun Shelter ini bukan sebagai stasiun pengaturan perjalanan Kereta Api seperti Stasiun Jatinegara atau pun Stasiun Manggarai. Karena fungsinya inilah, maka stasiun tersebut termasuk Stasiun Shelter.

Dengan memiliki bangunan dua lantai, pada area lantai dasar Stasiun Shelter ini adalah sebagai area pelayanan pengguna dan lantai 1 sebagai area peron tunggu KRL.

“Sedangkan lantai satu Stasiun Shelter Matraman dengan luas 588 M² difungsikan sebagai peron sebagai tempat tunggu naik KRL pada jalur 1 dan jalur 2.”

Diharapkan dengan pembangunan infrastruktur perkeretaapian berupa Stasiun Shelter ini, layanan bagi masyarakat pengguna kereta api khususnya pengguna KRL akan semakin nyaman dan dimudahkan dalam menggunakan transportasi kereta api.

Leave a Reply