Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 30, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

10 Negara dengan Daya Saing Tertinggi di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Topcareer.id – IMD World Competitiveness Ranking (WCR) merilis negara-negara dengan tingkat daya saing yang tinggi. Siapa juaranya? Untuk pertama kalinya dalam sejarah 34 tahun pemeringkatan IMD, Denmark berhasil meraih tempat nomor satu sebagai negara dengan daya saing yang tinggi.

“Denmark telah bermain sangat agresif di bidang keberlanjutan dan diuntungkan sebagai negara kecil di pasar Eropa,” kata Profesor Arturo Bris, Direktur Pusat Daya Saing Dunia IMD (WCC), yang membuat pemeringkatan, dikutip dari laman resmi International Institute for Management Development (IMD), Rabu (22/6/2022).

Pemerintah Denmark memiliki target ambisius untuk mengurangi emisi hingga 70% dalam 10 tahun. Lintasan negara Skandinavia di WCR selama lima tahun terakhir telah mengalami beberapa pergerakan, mulai dari 6 ke 8 ke 2 ke 3, kemudian ke 1.

WCR 2022 mengukur daya saing ekonomi 63 pasar ekonomi dengan menganalisis 163 hard data, yang diambil dari berbagai sumber dan mencakup periode 2021.

Mereka dikumpulkan oleh 56 lembaga mitra global WCC (mulai dari kamar dagang hingga lembaga pemerintah dan universitas) dan dari sekitar 2.000 alumni IMD.

Semua data tersebut kemudian dimasukkan ke dalam empat faktor (kinerja ekonomi, efisiensi pemerintah, efisiensi bisnis dan infrastruktur), masing-masing dengan sub-faktor.

Denmark meningkat dalam investasi internasional dan tampil kokoh dalam efisiensi pemerintah – khususnya dalam kerangka kelembagaannya (ke-2), undang-undang bisnis (3) dan kerangka sosial (ke-2).

Kinerjanya luar biasa dalam efisiensi bisnis (peringkat 1), produktivitas dan efisiensi (peringkat 1) dan praktik manajemen (peringkat 1).

“Kinerja ekonomi Denmark telah meningkat tajam, dan ini didorong oleh peningkatan arus investasi di negara itu, kenaikan harga yang terkendali dibandingkan dengan negara maju lainnya dan oleh penguatan keuangan publik dengan pengurangan utang publik dan defisit pemerintah,” kata Marco Pistis, Spesialis Riset di WCC.

Sementara, untuk Indonesia sendiri berada di peringkat 44, turun 7 peringkat dari tahun sebelumnya, yang berada di posisi ke-37. Berikut ini 10 negara dengan tingkat daya saing yang tinggi, menurut IMD:

1. Denmark
2. Swiss
3. Singapura
4. Swedia
5. Hong Kong SAR
6. Belanda
7. Taiwan, China
8. Finlandia
9. Norwegia
10. USA

Tinggalkan Balasan