Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Agustus 9, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Postur Terbaik untuk Duduk di Meja Kerja Sepanjang Hari

Kembali bekerja setelah berlibur.

Topcareer.id – Untuk menjaga kesehatan dan tubuh, kamu perlu mempelajari postur terbaik untuk duduk di meja kerja sepanjang hari.

Kebanyakan orang memiliki postur tubuh yang buruk. Duduk sepanjang hari di depan komputer dan perangkat elektronik bisa berdampak pada tubuh kamu.

Banyak pekerjaan mengharuskanmu duduk di meja kerja sepanjang hari. Tidak selalu mungkin untuk terlalu sering bangun dan tetap aktif.

Penelitian telah menunjukkan bahwa duduk dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Ini juga menyempitkan saraf, menyebabkan sakit punggung dan menekan organ perut yang menyebabkan pencernaan yang buruk.

Postur Duduk yang Benar di Meja Kerja
Postur duduk yang benar di depan meja komputer saat kamu bekerja penting untuk punggung dan kesehatanmu.

Ada banyak panduan sederhana yang bisa kamu ikuti untuk memiliki postur duduk yang benar seperti berikut ini.

  • Jaga agar kaki tetap rata di lantai atau pijakan kaki, jangan menyilangkan kaki, lutut, atau pergelangan kaki.
  • Jaga jarak kecil antara lutut dan kursi, lutut harus setinggi pinggul atau sedikit lebih rendah.
  • Pergelangan kaki harus berada di depan lutut kamu, rilekskan bahu dan jangan duduk merosot.
  • Lutut dan lengan bawah harus sejajar dengan lantai, siku harus berada di samping dan duduklah dengan tegak.
  • Bagian atas layar monitor harus setinggi mata, gunakan dudukan monitor jika perlu dan monitor harus berjarak satu lengan.
  • Punggung harus bersandar pada sandaran kursi.
  • Jangan lupa untuk ambil waktu istirahat singkat 5-10 menit setiap jam untuk bangun dan bergerak.
  • Posisikan keyboard agak berjarak dari tepi meja supaya pergelangan tangan memiliki tempat untuk beristirahat.
  • Gunakan mouse dan mousepad yang ergonomis untuk mencegah ketegangan pergelangan tangan.
  • Jika bisa, gunakan dudukan dokumen, sehingga leher kamu tidak perlu meregang untuk melihat ke bawah dan ke atas saat mengetik.
  • Lengan bawah harus berada pada sudut 90 derajat dari lengan atas, menggunakan keyboard yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan nyeri siku dan bahu.

Baca juga: Kerja Duduk 6-8 Jam Sehari Tingkatan Risiko Kematian Dini

Pada akhirnya, menemukan postur terbaik untuk duduk di meja sepanjang hari adalah penting.

Postur tubuh yang buruk akibat salah posisi duduk bisa mengubah bentuk tulang belakang dan menyebabkan masalah fisik.
Dengan berinvestasi dalam produk ergonomis seperti kursi, mouse, alas mouse, dudukan monitor, atau bahkan meja berdiri bisa membantu kamu memperbaiki postur tubuh.

Jika kamu menghabiskan sebagian besar waktu untuk duduk, jagalah diri kamu.

Pelajari cara memperbaiki postur tubuh dan terapkan posisi duduk yang benar seperti saran-saran di atas untuk menghindari cedera.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan