Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Hubungan Seks Sesama Jenis Berisiko kena Cacar Monyet? Ini Kata WHO

Cacar monyet. (CDC/Getty Image)Cacar monyet. (CDC/Getty Image)

Topcareer.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Keputusan itu diumumkan Sabtu (23/7) setelah WHO mengadakan komite darurat kedua tentang masalah ini pada hari Kamis.

“Saya telah memutuskan bahwa wabah cacar monyet global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” ucap Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip dari CNN News.

Tedros mengatakan, sementara komite tidak dapat mencapai konsensus, dia mengambil keputusan setelah mempertimbangkan lima elemen yang diperlukan untuk memutuskan apakah wabah merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

“Untuk saat ini [cacar monyet] adalah wabah yang terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan, itu berarti bahwa ini adalah wabah yang dapat dihentikan dengan strategi yang tepat dalam kelompok yang tepat,” terangnya.

Pria yang suka berhubungan sesama jenis paling berisiko?

Mengutip NBC News, sebuah studi menyebutkan bahwa Cacar Monyet memang didominasi oleh pria yang gemar melakukan hubungan sesama jenis dan berganti-ganti pasangan.

“Kami telah melihat pasien dengan nyeri dubur parah yang memburuk setiap kali mereka pergi ke kamar mandi, nyeri genital setiap kali mereka buang air kecil dan sakit tenggorokan setiap kali mereka menelan,” kata Dr. Jason Zucker, spesialis penyakit menular di Departemen Kedokteran Universitas Columbia.

Penulis penelitian melaporkan bahwa 95% kasus kemungkinan ditularkan melalui kontak dekat secara seksual.

Terlebih lagi, makalah mereka menawarkan bukti baru yang kuat bahwa seks anal itu sendiri, meskipun belum tentu ejakulasi, adalah sumber utama penularan.

“Kemungkinan kuat penularan seksual didukung oleh temuan lesi mukosa genital, anal, dan oral primer, yang mungkin mewakili tempat inokulasi,” tulis penulis penelitian.

“Temuan bahwa 95% kasus mungkin telah ditularkan selama hubungan seks, memberikan kepastian bahwa wabah ini terutama disebabkan oleh kontak yang sangat dekat, dan dapat menjelaskan mengapa sejauh ini sebagian besar terbatas pada pria yang berhubungan seks dengan pria, ” kata Dr. Jay K. Varma, pakar penyakit menular di Weill Cornell Medicine.

Baca juga: Kenali Karakteristik Penyakit Cacar Monyet

Lebih parah dari virus cacar biasa

Monkeypox atau cacar monyet adalah sepupu jauh lebih parah dari virus cacar yang sekarang telah diberantas. Ini endemik di beberapa bagian Afrika Barat dan Tengah dan biasanya ditularkan dari hewan pengerat atau mamalia kecil.

Virus cacar monyet juga dapat menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh, luka atau barang-barang seperti pakaian dan tempat tidur yang terkontaminasi virus, serta dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan, yang biasanya dalam jarak dekat, menurut CDC.

Siapa pun yang pernah melakukan kontak dengan seseorang dengan ruam seperti cacar monyet, atau yang pernah melakukan kontak dengan seseorang yang memiliki kemungkinan atau dikonfirmasi kasus cacar monyet, berisiko tinggi terkena infeksi.

WHO mendefinisikan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, atau PHEIC, sebagai “peristiwa luar biasa” yang merupakan “risiko kesehatan masyarakat bagi negara lain melalui penyebaran penyakit internasional” dan “yang berpotensi memerlukan tanggapan internasional yang terkoordinasi.”

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply