Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Bahas Topik Ini di Tempat Kerja bisa Mengganggu Karier Kamu (Bagian 2)

Work. Dok/Financebuzz.com

Topcareer.Id – Ketahuilah, ada beberapa topik yang harus kamu hindari untuk didiskusikan di tempat kerja.

Bukan apa-apa, namun membicarakan topik ini dapat membuat rekan kerja kamu tidak nyaman, atau memengaruhi pendapat mereka tentang kamu dan kemampuanmu dalam bekerja.

Kecanggungan di tempat kerja semacam ini juga perlahan-lahan akan merugikanmu, dan pada akhirnya, menjadi kekhawatiran sendiri bagi atasan apabila suatu hari mendengarnya.

Hmm, berbahaya bukan bagi karier kamu? Jadi mulailah kurangi atau lebih bagus lagi berhenti membahas topik-topik ini di tempat kerja.

Bagian akhir dari artikel. Baca artikel sebelumnya di sini.

Masalah keluarga
Membahas masalah yang kamu alami dengan anggota keluarga dapat menyebabkan orang lain, termasuk atasan kamu, bertanya-tanya apakah kesulitan ini akan mengalihkan perhatian kamu dari melakukan pekerjaan kamu? Bahkan jika kamu tahu masalah ini tidak akan memengaruhi pekerjaanmu sama sekali.

Ketika supervisor atau manajer berterus terang tentang masalah mereka, bawahan mereka mungkin melihat ini sebagai titik lemah yang dapat mereka manfaatkan.

Ini juga dapat melemahkan otoritas kamu. Selain itu, jika tersebar, masalah keluarga yang kamu hadapi akan menyulut rumor dan membuat kamu menjadi bahan gosip di tempat kerja.

Jadi, ketika kamu benar-benar perlu menceritakan masalah keluarga, sahabat adalah jawabannya, bukan teman kerja, apalagi atasan kamu.

Rencana karier
Tidak ada yang salah dengan melihat pekerjaanmu saat ini sebagai batu loncatan untuk hal-hal yang lebih besar dan lebih baik, tetapi simpan perasaan itu untuk diri kamu sendiri.

Berbicara tentang ambisi kamu di kantor akan membuat atasan kamu mempertanyakan kesetiaan kamu dan menyebabkan beberapa rekan kerja membencimu.

Jika kamu tertarik untuk maju dalam bidang kamu saat ini, lakukan pekerjaan kamu dengan sangat baik, dan tentu saja, beri tahu atasan kamu bahwa kamu ingin naik pangkat melalui perusahaan.

Ingatlah, tindakan kamu akan berbicara untuk kamu.

Masalah Kesehatan
Meskipun masalah kesehatan –mental atau fisik– bukan hal yang memalukan, jangan menjadikannya sebagai sebuah topik di tempat kerja.

Kamu mungkin ingin berbagi sedikit sebagai sebuah sharing, namun hindari membagikan setiap detail terakhir dari kondisi kamu.

Yang pasti, saat memutuskan berapa banyak detail soal kesehatan yang akan kamu bagikan dengan rekan kerja kamu, ingatlah ini:

Ketika rekan kerja tahu kamu sakit, mereka mungkin mempertanyakan kemampuan kamu untuk melakukan pekerjaan kamu dengan baik.

Ini sama seperti jika mereka tahu tentang masalah keluarga kamu. Meskipun kekhawatiran mereka mungkin tidak berdasar, hal itu akan menimbulkan keraguan di benak mereka dan memengaruhi persepsi mereka tentang kamu.

Baca juga: Begini Cara Biar Kariermu Anti-Resesi

Lalu, jika kamu tidak bisa membicarakan topik-topik di atas, apa yang bisa kamu bicarakan untuk mengenal satu sama lain dan mengembangkan persahabatan?

Jawabannya, cobalah tetap berpegang pada topik aman yang memungkinkan kamu untuk mengenal rekan kerja kamu, tetapi tidak terlalu kontroversial.

Contohnya seperti film, musik, perjalanan, dan makanan (terutama jika kamu membawa beberapa untuk dibagikan).

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply