Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pentingnya Kesan Baik di Tempat Kerja, dan Cara Mendapatkannya (Bagian 1)

Work. Dok/SHRMWork. Dok/SHRM

Topcareer.id – Jangan pernah meremehkan betapa pentingnya membuat kesan yang baik di tempat kerja. Terutama bagi kamu yang sedang mempertahankan atau mengejar kemajuan di karier kamu.

Ketika atasan dan rekan kerja kamu menyadari bahwa mereka dapat mengandalkanmu untuk melakukan pekerjaan dengan baik, maka kemungkinan besar kamu akan mulai menerima tanggung jawab yang lebih besar.

Pada gilirannya nanti, kepercayaan ini nantinya akan mengarah pada promosi dan kenaikan gaji. Suatu hal yang pastinya diimpikan oleh banyak karyawan di seluruh dunia.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan kesan baik ini? Mengutip dari The Balance Careers, berikut beberapa tips ampuh yang bisa kamu coba.

Bagian pertama dari artikel.

Gunakan Etiket yang Benar di Kantor
Menggunakan etiket kantor yang tepat akan membantu kamu membuat kesan yang baik pada atasan kamu. Ini mungkin terdengar sederhana, tapi tunggu sampai kamu menyadari bahwa saat ini banyak orang yang melupakan sopan santun mereka, sehingga jika kamu menunjukkan etiket yang baik, maka kamu akan terlihat sedikit lebih menonjol.

Untuk bisa melakukannya, mulailah untuk mempelajari dasar-dasar etiket email di tempat kerja, dan mencoba mematuhinya.

Sebagai contoh, jika kamu diizinkan menggunakan ponsel di tempat kerja, pastikan itu tidak mengganggu kamu atau orang lain. Kamu juga bisa mulai membuat perbedaan besar dalam bersikap, dengan mulai membedakan antara email pribadi dan email profesional.

Selain itu, saat makan di luar bersama atasan, rekan kerja, atau klien, kamu harus berperilaku terbaik.

Hadapi Kesalahanmu
Meski saat ini kamu belum merasakannya, namun asumsikan jika suatu saat kamu akan membuat kesalahan di tempat kerja, bisa kecil bahkan mungkin besar. Itu terjadi pada semua orang. Dan cara terbaik untuk menanganinya adalah memengaruhi pendapat manajer kamu tentang kamu, daripada kesalahan itu sendiri.

Untuk bisa melakukannya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengakui apa yang terjadi. Jangan mengabaikan kesalahan kamu apalagi mencoba menyalahkan orang lain. Alih-alih, ambil tanggung jawab penuh dan temukan cara untuk memperbaikinya.

Percaya deh, meskipun bos kamu mungkin kesal karena kamu melakukan kesalahan sejak awal, dia setidaknya akan menyadari bahwa kamu melakukan semua hal yang benar saat menanggapinya.

Baca juga: Bahas Topik Ini di Tempat Kerja bisa Mengganggu Karier Kamu

Saat sakit, Izin, jangan memaksakan diri
Apakah menurut kamu datang ke kantor saat kamu sakit akan membuat atasan kamu terkesan? Hmm, salah besar. Bos yang baik dan masuk akal tahu bahwa karyawan yang sakit tidak hanya tidak produktif, tetapi juga dapat menyebarkan kuman di sekitar kantor. Apa gunanya bagi siapa pun jika seluruh staf harus mengambil cuti sakit karena rajin kamu yang berlebihan saat sakit?

Oleh karena itu, jika kamu demam atau merasa penyakit kamu mungkin menular, maka ambil cuti. Kamu dapat mengejar beban kerja kamu ketika sudah kembali bekerja, atau jika kamu merasa sanggup melakukannya, selesaikan beberapa dari rumah jika majikan kamu mengizinkannya.

Menonjol saat krisis
Ketika situasi darurat yang tidak terduga terjadi di tempat kerja, seperti penjual katering yang tiba-tiba menghilang beberapa jam sebelum konferensi besar perusahaan, internet putus, komputer yang tiba-tiba rusak di momen penting, dan sebagainya, di sinilah waktunya kamu untuk tampil sebagai pahlawan.

Untuk bisa melakukannya, pelajari cara menangani krisis di tempat kerja dengan cepat dan efektif. Kamu juga bisa membayangkan setiap skenario yang bisa terjadi, lalu bagaimana kamu akan bereaksi terhadap masing-masing skenario tersebut.

Alhasil, jika hal yang tidak terduga terjadi, Kamu akan sepenuhnya siap untuk menghadapinya.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply