Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cek! Ini Lho Kepribadian yang Paling Diinginkan Ketika Interview Kerja

Topcareer.id – Lain kali jika kamu pergi untuk wawancara kerja, kamu harus meluangkan waktu untuk memperbaiki kepribadian, bukan hanya keahlian. Sikap atau kepribadian menjadi faktor teratas yang paling dicari dalam perekrutan karyawan baru.

Hal itu menurut laporan bersama dari situs saran karier Amerika Serikat (AS) TopInterview dan platform pencarian pekerjaan Resume-Library, bahwa kepribadian merupakan tiga faktor teratas yang paling dicari oleh pemberi kerja.

Di samping keterampilan dan pengalaman, kepribadian muncul sebagai pertimbangan utama dalam 70% proses pengambilan keputusan pemberi kerja, jauh di atas pendidikan (18%) dan penampilan (7%).

Keyakinan muncul sebagai salah satu ciri kepribadian yang paling diinginkan di antara calon kandidat pekerjaan, menurut 200 profesional akuisisi bakat yang disurvei untuk laporan tersebut. Arogansi, sementara itu, termasuk di antara yang paling tidak diinginkan.

Ciri-ciri kepribadian yang paling diinginkan dan paling tidak diinginkan pada calon pekerja

Paling diinginkan:

Kepercayaan
Otentik
Kejujuran
Keandalan
Disiplin diri

Baca juga: Siapa Saja Orang-Orang Yang Butuh Konseling Karier?

Paling tidak diinginkan:

Arogansi
Ketidakjujuran
Tidak dapat diandalkan
Pikiran tertutup
Entitlement

Pakar karier TopInterview Amanda Augustine mengatakan temuan itu mencerminkan penekanan yang semakin besar, baik yang diberikan oleh pengusaha maupun karyawan pada lingkungan kerja mereka.

“Manajer perekrutan saat ini ditugaskan untuk menilai apakah seorang kandidat akan cocok dengan budaya perusahaan, dan penentuan ini terutama didasarkan pada bagaimana kandidat berperilaku selama wawancara,” kata Augustine, dikutip dari CNBC Make It.

“Garis tipis antara ‘kepercayaan diri’ dan ‘kesombongan’ saat membuat kesan pertama itu adalah segalanya – kepribadian seseorang dapat membuat atau menghancurkan wawancara,” tambahnya.

Leave a Reply