Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Benarkah Jalan Kaki Bikin Panjang Umur?

Jalan kakiJalan kaki

Topcareer. Id – Berjalan adalah olahraga yang memungkinkan dan sederhana untuk orang tua. Sebuah studi mengungkap jika berjalan, bahkan hanya satu jam setiap minggu, atau 10 menit sehari, dapat membantu memperpanjang hidup mereka.

Dibandingkan dengan individu yang tidak aktif, orang tua yang berjalan setidaknya satu jam setiap minggu, memiliki risiko penyakit dan mortalitas kardiovaskular yang relatif 40% dan 39% lebih rendah.

Berjalan juga dikaitkan dengan umur yang lebih panjang pada orang dewasa yang lebih tua, terlepas dari apakah mereka melakukan aktivitas fisik sedang hingga intens.

Mengutip dari UPI News, orang dewasa, berapa pun usianya, disarankan untuk melakukan setidaknya 150 menit seminggu aktivitas intensitas sedang, atau 75 menit seminggu aktivitas intensitas kuat, atau kombinasi yang setara.

Tetapi, waktu menetap cenderung meningkat seiring bertambahnya usia karena aktivitas fisik menurun.

“Orang dewasa cenderung tidak memenuhi rekomendasi aktivitas seiring bertambahnya usia,” ungkap penulis utama studi tersebut, Dr. Moo-Nyun Jin, dari Inje University Sanggye Paik Hospital di Seoul.

Baca juga: Studi: Duduk dan Nonton TV Perburuk Risiko Penyakit di Usia Tua

Menurut Jin, mengidentifikasi jumlah minimum olahraga yang dapat bermanfaat bagi sebagian besar lansia, adalah penting karena tingkat aktivitas yang direkomendasikan, dapat sulit dicapai.

“Studi kami menunjukkan bahwa berjalan setidaknya satu jam setiap minggu bermanfaat bagi orang berusia 85 tahun ke atas. Sederhananya, berjalan kaki selama 10 menit setiap hari,” kata Jin.

Dia menambahkan: “Pesan yang dibawa pulang adalah untuk terus berjalan sepanjang hidup.”

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply