Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tips dari Dosen UM Surabaya untuk Fresh Graduate Biar Cepat Dapat Kerja

Ilustrasi pendaftaran beasiswa unggulan Kemendikbudristek segera dibuka - graduate. (Pixabay)Ilustrasi pendaftaran beasiswa unggulan Kemendikbudristek segera dibuka - graduate. (Pixabay)

Topcareer.id – Setelah lulus dari perguruan tinggi, harapan dari para fresh graduate ini adalah segera mendapatkan pekerjaan. Sayangnya, ini bukan jadi perkara yang mudah. Apalagi persaingan dunia kerja semakin keras.

Dosen Fakultas Hukum UM Surabaya, Samsul Arifin membagikan lima tips untuk para mahasiswa semester akhir agar setelah lulus cepat mendapatakan pekerjaan. Menurutnya mahasiswa semester akhir harus memahami dan melakukan beberapa hal.

1. Membangun dan perbanyak relasi

Hal pertama yang harus dilakukan menurut Samsul Arifin adalah membangun dan memperbanyak relasi. Semakin banyak relasi akan muncul komunikasi yang di dalamnya membahas terkait dengan kegiatan.

“Kondisi seperti ini akan lebih memungkinkan seseorang untuk mendapat banyak informasi daripada sekadar membaca lowongan pekerjaan di koran atau di berita,” kata Ari dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Rabu (14/9/2022).

2. Ketahui kemampuan diri

Lebih lanjut Samsul mengatakan, setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Potensi menjadi energi yang tersimpan, tinggal bagaimana mahasiswa dapat mengasah dan mengubahnya menjadi kemampuan diri.

3. Jangan terlalu selektif

Ia menambahkan bahwa tidak sedikit para fresh graduate atau lulusan baru ini terjebak dalam kondisi stagnasi karena menunggu pekerjaan yang mereka impikan.

Baca juga: Kenali Tanda Bos Yang Toxic Di Kantor (Bagian 1)

“Apapun itu, ambillah, selain menambah wawasan dan pengetahuan baru, paling tidak menjaga pengetahuan dan kemampuan agar tetap terasah dan tidak tumpul,” ujarnya.

4. Jangan tergoda hal instan

Menurutnya, kondisi seperti ini diperparah oleh semakin banyaknya anak muda yang membagi kesuksesannya di media sosial, dan mendorong anak muda lainnya untuk mencapai kesuksesan secepat dan sedini mungkin.

5. Tidak ada istilah gagal

Pengetahuan dan mentalitas seseorang memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan.

“Yang harus dibangun adalah mindset bahwa proses jatuh bangun yang dihadapi adalah suatu kenikmatan dan mau atau tidak harus dihadapi,” ucapnya.

Leave a Reply