Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Survei: 58% Pekerja Menganggap Surat Lamaran Kerja Tidak Perlu

Topcareer.id – Hingga kini, cover letter atau surat pengantar masih dipakai untuk melamar pekerjaan. Surat pengantar ini digunakan perekrut untuk mengukur apakah seseorang tepat untuk peran yang dicari atau tidak.

Namun, banyak pelamar kerja saat ini menganggap surat lamaran tidak perlu dan memakan waktu. Dan dengan pengaruh yang dimiliki karyawan saat ini di pasar kerja, surat lamaran akan segera menjadi sesuatu yang usang dari masa lalu.

Sebuah jajak pendapat baru-baru ini dari Fishbowl oleh Glassdoor, yang mensurvei lebih dari 13.000 profesional, menemukan bahwa 58% menganggap surat pengantar berlebihan. Hanya 10% profesional yang mengatakan bahwa mereka diperlukan saat melamar pekerjaan.

Menurut Tyler Murphy, pakar tren karier Glassdoor, surat lamaran secara historis disukai oleh manajer perekrutan karena mereka menjelaskan karakteristik kandidat dengan cara yang tidak dilakukan resume.

“Surat pengantar adalah perpanjangan dari resume pelamar yang memungkinkan mereka untuk menjelaskan mengapa mereka melamar peran tersebut dan mengapa mereka tertarik pada perusahaan ini,” kata Murphy dikutip dari laman CNBC Make It.

“Surat lamaran adalah peluang bagus untuk memperluas pengalaman yang relevan dan menarik perhatian perekrut atau manajer perekrutan untuk semoga mendapatkan wawancara,” tambah dia.

Sampai jumpa, surat pengantar

Fishbowl oleh Glassdoor menemukan bahwa pendapat perekrut terpecah tentang surat pengantar. Beberapa mengatakan mereka akan bekerja ekstra untuk membacanya, sementara yang lain mengatakan bahwa mereka benar-benar membencinya.

Baca juga: PT Kimia Farma Buka Loker Tenaga Magang Fresh Graduate, Cek Kualifikasinya

Meskipun perekrut mungkin lebih cenderung membacanya untuk peran yang lebih menonjol, sebagian besar responden menganggap surat pengantar sudah usang.

“Masa depan komponen perekrutan historis ini terlihat suram. Namun, sementara perusahaan yang membutuhkan surat pengantar mungkin berkurang, kami berharap banyak pemberi kerja akan mengizinkan kandidat untuk memutuskan sendiri apakah mereka ingin mengirimkannya,” kata Murphy.

Apakah opsional benar-benar opsional?

Karena perusahaan mulai menyimpang dari persyaratan surat lamaran, banyak lowongan pekerjaan yang memiliki opsi bagi kandidat untuk mengirimkannya. Meskipun ini merupakan langkah ekstra dan memakan waktu, Murphy mengatakan itu mungkin layak untuk dipertimbangkan.

“Saat memutuskan apakah akan mengirim surat lamaran, selalu yang terbaik adalah mempertimbangkan pro dan kontra. Sisi negatifnya, surat lamaran bisa memakan waktu lama untuk melamar pekerjaan lain dan mungkin terasa tidak perlu, tetapi di sisi positifnya, surat lamaran bisa membantumu menonjol dalam persaingan,” kata Murphy.

“Jika 58% profesional mengatakan surat lamaran tidak diperlukan saat melamar pekerjaan, maka perekrut mungkin merasa senang ketika mereka melihat kamu telah melampaui batas untuk mengirimnya.”

Leave a Reply