Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Daftar Pekerjaan yang Aman dari Ancaman Robot

Manusia vs Robot. Dok/Cape Business NewManusia vs Robot. Dok/Cape Business New

Topcareer.Id – Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi sebenarnya menguntungkan, karena mempermudah cara kerja manusia, termasuk dalam keseharian.

Namun, jika melihatnya dari sudut pandang lain, dalam hal ini dunia karier, ini sedikit berbahaya, karena keberadaan teknologi itu sendiri dapat mengancam beberapa pekerjaan yang selama ini dilakukan oleh tenaga manusia.

Tercatat, ada sejumlah pekerjaan yang diramalkan akan hilang tergantikan oleh otomatisasi atau robot. Mulai dari ranah konstruksi, pelayanan, hingga ke administrasi.

Lalu, adakah pekerjaan yang aman dari ancaman tersebut? Mengutip The Balance Careers, jawabannya ada, jadi kamu tidak perlu khawatir, setidaknya belum.

Baca juga: Hati-hati, Daftar Pekerjaan Ini Bakal Digantikan Robot! (Bagian 2)

Perlu kamu ketahui, ada tugas tertentu yang sejauh ini belum dapat direplikasi dengan baik oleh komputer.

Misalnya, komputer tidak dapat mengekspresikan empati atau berinteraksi dengan orang seperti yang dilakukan manusia. Oleh karena itu, pekerjaan yang melibatkan kepedulian terhadap orang lain (termasuk perawat, psikolog, guru, pekerja sosial, dan lainnya) umumnya aman dari otomatisasi.

Setiap posisi yang membutuhkan pengelolaan langsung orang lain kemungkinan juga akan menghindari otomatisasi. Itu karena robot dan komputer tidak memiliki kecerdasan emosional dan keterampilan untuk mengawasi manusia (setidaknya untuk saat ini).

Pekerjaan yang melibatkan kreativitas—penulis, seniman, desainer grafis—juga cenderung tidak otomatis, jadi bisa dibilang aman.

Selain itu, otomatisasi juga tidak akan berlaku untuk pekerjaan di lingkungan yang tidak dapat diprediksi.

Misalnya, pekerjaan yang dilakukan di luar ruangan (seperti berkebun) atau pekerjaan dengan populasi yang tidak dapat diprediksi (seperti anak kecil), akan lebih sulit untuk diotomatisasi.

Pekerjaan apa pun yang membutuhkan pendidikan dan/atau keahlian ekstensif, juga kecil kemungkinannya untuk diambil alih oleh robotika.

Namun, beberapa tugas dalam setiap pekerjaan di atas, masih dapat diotomatisasi. Sebagai contoh, sentuhan manusiawi perawat dan dokter akan tetap penting. tetapi komputer mungkin semakin banyak digunakan untuk membaca sinar-X dan mendiagnosis pasien.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply