Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Tips Amankan Karier dari Ancaman Robot (Bagian 2)

Ilustrasi 22 persen pekerja Indonesia mulai menfaatkan teknologi AI - robot. Dok/The Motley FoolIlustrasi 22 persen pekerja Indonesia mulai menfaatkan teknologi AI - robot. Dok/The Motley Fool

Topcareer.Id – Membahas ancaman otomatisasi dan robot terhadap pekerjaan memang tidak ada habisnya. Ketakutan dan kekhawatiran yang muncul juga bukan tanpa alasan, karena jika melihat perkembangan yang ada, sejumlah pekerjaan telah mulai digantikan oleh mereka.

Meski ada beberapa pekerjaan yang dinyatakan aman dari kehadiran mereka, bukan berarti kita boleh lengah. Segala persiapan harus tetap kita lakukan, untuk mengamankan karier kita dari ancaman tersebut.

Kabar baiknya, mengutip dari The Balance Careers, ada beberapa hal yang bisa kita mulai sedari sekarang, untuk memastikan keamanan kerja di dunia yang semakin otomatis. Berikut beberapa di antaranya:

Bagian akhir dari artikel.

Selalu ikuti perkembangan mengenai kemajuan otomatisasi dan robot

Jangan biarkan para robot tiba-tiba mengetuk pintu rumahmu dan mengejutkanmu. Kendalikan situasi dengan terus mengikuti perkembangan mengani topik ini. Terutama tentang bagaimana mereka mulai memasuki sektor bisnis tempatmu bekerja.

Beberapa website, seperti Topcareer.Id contohnya, kerap menghadirkan perkembangan-perkembangan terbaru mengenai perkembangan robot. Jadi seringlah berkunjung untuk terus mendapatkan update terkini.

Sambil mengikuti perkembangan mereka, pelajari juga jabatan apa di bidangmu yang sekiranya masih sulit tersentuh oleh mereka. Dan jika kamu belum mencapai jabatan itu, kejarlah dari sekarang.

Perkuat skills yang kamu miliki dan teruslah pelajari keterampilan-keterampilan baru, terutama yang tidak bisa digantikan mereka.

Baca juga: Hati-hati, Daftar Pekerjaan Ini Bakal Digantikan Robot!

Bergabunglah dengan robot

Sisi baiknya, dengan meningkatnya otomatisasi, akan datang juga peluang kerja baru.

Misalnya, orang harus mengembangkan, membangun, memecahkan masalah, dan mengawasi komputer di tempat kerja.

Ini tentu jadi kabar baik jika kamu tertarik pada komputer dan robotika. Mulailah pertimbangkan karier di mana kamu akan bekerja bersama mereka.

Jangan khawatir

Yang terakhir, jangan terlalu khawatir terhadap ini, apalagi sampai depresi.

Ingatlah laporan McKinsey yang menyatakan bahwa sebagian besar pekerjaan tidak akan hilang karena robot—sebaliknya, banyak tugas mungkin berubah.

Karena itu, jangan panik. Tidak perlu meninggalkan pekerjaan kamu saat ini karena takut suatu hari akan digantikan oleh mesin.

Alih-alih, fokuslah untuk melakukan pekerjaan terbaikmu, berlatih menjadi mudah beradaptasi dan berpikiran terbuka, dan terus mengembangkan keterampilan kamu.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply