Topcareer.id – Resign atau keluar dari perusahaan, masuk dalam kriteria yang bisa mencairkan manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) program BPJS Ketenagakerjaan. Untuk klaim manfaat JHT, bisa melalui jalur online maupun offline, tentunya dengan mengantongi sejumlah persyaratan.
Mengutip laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, berikut ini sejumlah persyaratan dokumen yang haru dipenuhi sebelum mengklaim manfaat JHT untuk peserta berstatus tidak aktif bekerja di manapun:
- Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau bukti identitas lainnya
- Keterangan Pengunduran diri dari Pemberi Kerja
- NPWP (bagi peserta dengan saldo lebih dari 50 juta atau peserta yang telah mengajukan klaim sebagian)
Cara klaim secara online
1. Kunjungi Portal Layanan https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id/
2. Lalu isi data diri kamu, berupa NIK, nama lengkap, dan nomor kepesertaan.
3. Unggah semua dokumen persyaratan dan foto diri terbaru tampak depan dengan jenis file JPG/JPEG/PNG/PDF maksimal ukuran file adalah 6MB.
4. Saat mendapat konfirmasi data pengajuan, klik simpan
5. Selanjutnya, kamu akan mendapat mendapat jadwal wawancara online yang dikirimkan melalui email kamu.
6. Kamu akan dihubungi oleh petugas untuk verifikasi data melalui wawancara via video call
7. Setelah proses selesai, saldo JHT akan dikirimkan ke rekening yang telah kamu lampirkan di formulir!
Baca juga: Rans Entertainment Lagi Cari Personal Assistant Buat Raffi Ahmad, Nih
Cara klaim JHT di kantor cabang
1. Pastikan kamu membawa dokumen asli
2. Mengisi data formulir pengajuan Klaim Jaminan Hari Tua (JHT)
3. Ambil Antrian
4. Nomor antrian kamu akan dipanggil untuk wawancara
5. Setelah verifikasi dari wawancara berhasil, kamu akan menerima tanda terima
6. Proses selesai! Jangan lupa berikan penilaian kepuasan di e-survey
7. Tunggu hingga saldo JHT masuk di rekening kamu ya!
Cara klaim manfaat JHT di Bank kerja sama
1. Pastikan kamu datang ke kantor cabang sesuai jam operasional layanan, yaitu pada hari Senin sampai Jumat (kecuali hari libur atau kondisi lain ya) di pukul 08.00 – 15.30
2. Jangan lupa membawa dokumen fotokopi persyaratan klaim dan berkas asli untuk verifikasi ya.
3. Petugas akan melakukan proses verifikasi berkas dan wawancara kamu.
4. Setelah proses selesai, klaim akan dikirim ke rekening yang telah kamu lampirkan di formulir!