Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

7 Bulan Terdampar di Taiwan, 5 ABK Ini Berhasil Dipulangkan ke Indonesia

Topcareer.Id – Setelah sempat terdampar hampir 7 bulan, 5 Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia berstatus Letter of Guarantee (LG/surat jaminan) di Kapal MV Uniprofit berbendera Belize akhirnya berhasil dipulangkan oleh pemerintah Indonesia.

Tak hanya itu, Pemerintah juga telah memastikan jiga kelima ABK tersebut akan mendapat pemenuhan hak-hak secara penuh.

“Kemnaker terus melakukan koordinasi secara intens dengan KDEI di Taipei untuk dapat melakukan Negosiasi dan upaya-upaya agar para ABK LG tersebut dapat segera dipulangkan,” kata Dirjen Binapenta dan PKK Kementerian Ketenagakerjaan, Suhartono.

Suhartono menjelaskan, terdamparnya para ABK, disebabkan aturan minimum safety manning, di mana para ABK LG Indonesia tidak dapat turun kapal untuk pulang ke Indonesia, sebelum adanya kru pengganti.

Permasalahan ini sendiri bukan yang pertama kalinya. Pada 2021, Pemerintah Indonesia melalui Kemnaker bersama kementerian/lembaga terkait juga sempat memulangkan 105 ABK LG yang terkendala pemulangannya dari Taiwan dengan permasalahan yang hampir sama..

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada KDEI Taipei, otoritas di Taiwan, dan kementerian/lembaga terkait yang telah membantu mengupayakan pemulangan ini,” jelasnya.

Baca juga: Waspada! BMKG Sebut Cuaca Ekstrem Masih Berlanjut Seminggu ke Depan

Suhartono menambahkan, pihaknya telah memantau proses pemulangan ini mulai dari penjemputan para ABK di Pelabuhan Kaohsiung, dilanjutkan di Bandara Internasional Kaohsiung, dan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Sabtu, 23 Oktober 2022.

“Alhamdulillah seluruh proses dapat berjalan dengan baik. Selanjutnya kami akan serah terimakan kepada BP3MI Banten untuk membantu dalam proses pemulangan ke daerah asal,” ujarnya.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply