Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

8 Alasan Kenapa Surat Lamaranmu Tak Ditanggapi Perusahaan (Bagian 1)

Topcareer.id – Agar bisa menarik perhatian perekrut, kamu pasti akan totalitas mengerjakan CV hingga surat lamaran agar menonjol. Bagaimana jika kamu sudah berinvestasi pada itu semua, tapi tidak mendapat kabar dari pemberi kerja? Banyak alasan ketika surat lamaranmu tidak ditanggapi oleh perusahaan.

Dengan ratusan orang bersaing untuk pekerjaan yang sama, surat lamaranmu lebih penting dari sebelumnya. Sayangnya, kesalahan umum dapat membuat majikan tidak menanggapi surat lamaranmu. Berikut ini beberapa alasan mengapa perusahaan tidak membalas surat lamaranmu, mengutip Ladders.

1. Informasi Salah

Informasi yang salah datang dalam berbagai bentuk. Bisa jadi kamu salah mengetik nomor telepon atau alamat email. Atau, kamu menempelkan tautan yang salah ke portofolio onlinemu. Mungkin juga kamu mengirimkan surat lamaran kepada orang yang salah (missal, kamu menggunakan kembali surat lamaran yang sama untuk setiap aplikasi, lalu salin dan tempel informasi kontak).

Untuk menghilangkan dan memperbaiki kesalahan semacam ini, periksa dan edit setiap surat lamaran sebelum mengirimkannya. Jika kamu khawatir kamu mungkin melewatkan sesuatu, pertimbangkan untuk mengubah font untuk membantumu menemukan kesalahan.

2. Menggunakan Formulir Surat

Menulis satu surat lamaran yang merangkum mengapa kamu menjadi karyawan yang sangat baik dan mengirimkan surat yang sama ke banyak pemberi kerja terdengar seperti ide yang bagus. Surat lamaran formulir memudahkanmu melamar pekerjaan sebanyak mungkin: cukup salin dan temple.

Meskipun membutuhkan lebih banyak waktu, surat lamaran khusus yang disesuaikan dengan peran dan perusahaan lebih mungkin mendapat tanggapan dari perusahaan. Sebagai permulaan, surat lamaran adalah peluang bagus bagi Anda untuk memasukkan kata kunci dari posting pekerjaan.

Baca juga: Buat Pencari Kerja Pemula, Ajukan 2 Pertanyaan Ini Saat Interview

Jika perusahaan menggunakan sistem pelacakan pelamar (ATS), strategi ini dapat membantu peringkat lamaranmu lebih tinggi daripada yang lain.

3. Menceritakan bukan menampilkan

Kamu mungkin sempurna untuk pekerjaan itu, ketika kamu mampu menjelaskan dengan tepat mengapa kamu sempurna untuk pekerjaan itu. Gunakan surat lamaranmu untuk memberikan contoh spesifik mengapa kamu sempurna untuk pekerjaan ini di perusahaan ini.

Sorot semua keterampilan yang disebutkan dalam posting pekerjaan yang kamu miliki dan jelaskan bagaimana kamu dapat menggunakannya untuk memecahkan masalah yang dihadapi perusahaan.

4. Tidak Mengikuti Petunjuk

Seringkali, lowongan pekerjaan menyertakan item spesifik yang diinginkan perusahaan dalam surat lamaran. Itu bisa berupa jawaban atas pertanyaan atau kata tertentu. Apa pun itu, penting bagimu untuk menyertakan informasi yang diminta ini.

Pertama, ini menunjukkan bahwa kamu perhatian. Kamu telah membaca dengan jelas seluruh posting pekerjaan dan dapat mengikuti instruksi. Kedua, ini menunjukkan bahwa kamu tidak mengirim surat formulir, yang membantu pemberi kerja melihat bahwa kamu tertarik pada pekerjaan khusus ini.

Leave a Reply