Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Sikapi Kasus Terdamparnya Pekerja Migran di Taiwan, Ini Langkah Pemerintah Indonesia Kedepan

Topcareer.Id – Terdamparnya Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia berstatus Letter of Guarantee (LG/surat jaminan) di Kapal MV Uniprofit berbendera Belize hingga hampir 7 bulan, menjadi perhatian tersendiri bagi Pemerintah Indonesia, khususnya di ranah perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

Kelima ABK tersebut akhirnya dapat dipulangkan ke Indonesia dengan pemenuhan hak-hak secara penuh.

Sebelumnya, pada tahun 2021, Pemerintah Indonesia melalui Kemnaker bersama kementerian/lembaga terkait juga sempat memulangkan 105 ABK LG yang terkendala pemulangannya dari Taiwan dengan permasalahan yang hampir sama, yaitu perjanjian kerjanya telah berakhir, namun tidak dapat pulang ke Indonesia karena belum adanya kru pengganti.

Selain itu, gaji mereka tidak dibayarkan sepenuhnya bahkan ada di antara mereka yang gajinya tidak dibayarkan.

Baca berita sebelumnya: 7 Bulan Terdampar di Taiwan, 5 ABK Ini Berhasil Dipulangkan ke Indonesia

Tak ingin permasalahan ini berulang kembali, Direktur Bina Penempatan dan Perlindungan PMI, Kemnaker, Rendra Setiawan, menyatakan bahwa dalam waktu dekat, Indonesia dan Taiwan akan duduk bersama guna mencari solusi terbaik agar permasalahan-permasalahan ABK LG di Taiwan dapat dituntaskan.

Sebelum pertemuan tersebut, pihaknya juga akan mengundang Kepala TETO di Jakarta untuk menyampaikan sikap tegas Pemerintah Indonesia terhadap penyelesaian permasalahan yang berlarut-larut terhadap ABK LG Indonesia.

“Termasuk para ABK Kapal MV Jian Ye yang saat ini masih menunggu untuk dapat dipulangkan dengan permasalahan yang sama,” kata Rendra.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply