Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kerjaan Menumpuk di Mana-Mana? Mulailah Terapkan Kebiasaan Ini (Bagian 1)

Ilustrasi. Sumber foto: Pixabay/Gred AltmanIlustrasi. Sumber foto: Pixabay/Gred Altman

Topcareer.Id – Berbicara tentang produktivitas. Rasanya tidak akan lengkap jika membahas kesalahan dalam manajemen waktu, yang pada akhirnya melahirkan tumpukan pekerjaan yang tertunda, serta tingkat stres yang meningkat seiring waktu ke waktu.

Jika dibiarkan berlarut-larut, produktivitas pun lama-lama tidak bisa maksimal, dan bahkan menurun, dengan hasil kerja yang seadanya, karena kurangnya fokus lantaran pikiran terbagi dengan tugas-tugas lain yang belum selesai.

Nah, jika kamu merasa mulai terjebak dengan keadaan yang serupa dengan gambaran di atas, mungkin ini waktunya untuk menghentikan kebiasaan itu menjadi tradisi, dan mulai menerapkan kebiasaan yang lebih efektif untuk mengatasinya.

Mengutip saran Donna M. White dari artikel Psychcentral.com, berikut beberapa langkah awal yang bisa kamu lakukan, untuk membuat hari-hari kerjamu lebih terkendali.

Bagian pertama dari artikel.

Membuat To Do List
Ya! Ini adalah saran yang sering banyak kamu baca di sejumlah artikel, dan merupakan yang termudah yang bisa kamu buat.

Namun, banyak yang melupakan poin penting dari poin ini, yakni mematuhinya. Kebanyakan hanya mengabaikannya begitu saja, dengan alasan belum sempat.

Jadi, mulailah buat To do list yang memungkinkan untuk diselesaikan di hati itu. Buat dengan memakai skala priortas, agar apa yang kamu lakukan bisa tepat sasaran, dan tidak menyisakan PR baru.

Baca juga: Film Horor Bisa Kurangi Stres, Tapi…

Tenggat Waktu
Nah, masih melanjutkan poin di atas, salah satu yang bisa memastikan semua tugas yang ada di To Do List, adalah dengan membuat deadline.

Hormatilah deadline yang telah kamu buat, dan cobalah untuk menyelesaikan tugas-tugasmu sesuai dengan batas waktu yang ada.

Ketika rasa malas atau distraksi datang, pertahankan tekadmu untuk tetap bekerja. Percayalah, dengan bekerja sedikit lebih keras dari biasanya, kamu akan terhindar dari rasa was-was, karena memikirkan tugas-tugasmu yang menumpuk.

Jangan memaksakan untuk Multi-Tasking
Beberapa orang mungkin ada yang sanggup multi-tasking, untuk menghemat waktu dari total pekerjaan yang ia lakukan.

Namun, jika kamu adalah tipe yang kesulitan untuk mengerjakan dua tugas sekaligus, maka jangan memaksakan diri. Lebih baik kerjakan satu persatu dengan hasil yang cepat dan baik, ketimbang mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan, dengan hasil yang berantakan, atau bahkan tidak ada yang selesai.

Kerjakan dengan Teliti
Ini masih ada hubungannya dengan tidak memaksakan diri untuk multitasking. Dengan fokus ke satu tugas terlebih dahulu, kamu akan bisa lebih bisa berkonsentrasi penuh dan fokus, sehingga teliti menyelesaikannya, dan terhindar dari revisi bolak-balik yang melelahkan.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply