Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Data LinkedIn Catat Penurunan Posting Kerja Remote, Era Kerja Fleksibel Berakhir?

Ilustrasi kerja. Sumber foto: Peggy & Marco Lachmann-Anke/PixabayIlustrasi kerja. Sumber foto: Peggy & Marco Lachmann-Anke/Pixabay

Topcareer.id – Sistem kerja fleksibel yang diterapkan karena Pandemi Covid-19 tampaknya kini perlahan harus mulai direlakan. Pasalnya, jumlah posting pekerjaan remote (jarak jauh) di LinkedIn menunjukkan tren yang menurun, menurut data baru yang dirilis platform itu.

Di Amerika Serikat misalnya, pangsa postingan dengan posisi remote working telah menurun sebesar 5 poin persentase sejak April, ketika mencapai puncaknya pada 20% postingan.

Meskipun ini masih jauh lebih tinggi daripada rata-rata pra-pandemi sebesar 2%, ini sangat kontras dengan apa yang diinginkan karyawan, Josh Graff, Direktur Pelaksana LinedIn untuk wilayah Europe, Middle East and Africa (EMEA) dan Latin America (LATAM).

“Para profesional sekarang sangat menghargai fleksibilitas di tempat kerja — ini secara konsisten mencantumkan di antara prioritas terpenting bagi karyawan setelah kompensasi, bersama dengan pengembangan keterampilan dan keseimbangan kehidupan kerja,” kata dia, mengutip laman CNBC Make It.

Meskipun ada penurunan dalam pekerjaan kerja jarak jauh di AS, posting ini masih menerima lebih dari setengah dari total aplikasi pada September, data LinkedIn menunjukkan.

Penelitian menunjukkan bahwa negara-negara di seluruh dunia mengikuti pola yang sama — di Inggris, remote membuat 14,6% peluang, tetapi mendapatkan 20,2% dari total aplikasi dan di India, 11,3% dari peran jarak jauh yang tersedia, dikirim 20,3% dari resume.

Menurut survei yang dirilis oleh LinkedIn bersama data tentang peluang kerja jarak jauh, pergeseran terjadi ada kaitannya dengan situasi ekonomi saat ini.

Baca juga: Jangan Percaya 5 Mitos Ini Saat Kamu Lagi Cari Kerja

Sebesar 68 persen eksekutif yang disurvei mengatakan mereka khawatir bahwa ketidakpastian yang sedang berlangsung tentang stabilitas ekonomi dan resesi yang membayangi akan memaksa perusahaan mereka untuk membatalkan setidaknya beberapa kemajuan yang dibuat menuju kerja fleksibel selama pandemi virus corona.

“Di seluruh dunia kami melihat perekrutan lambat dan perusahaan menunda perekrutan karena ketidakpastian ekonomi, dengan para pemimpin bisnis di bawah tekanan kuat untuk mengelola biaya dan meningkatkan produktivitas,” jelas Graff.

“Di mana pandemi menyebabkan pergeseran ke arah kerja yang fleksibel dan inisiatif untuk mendukung karyawan, keseimbangan kekuatan sekarang beralih kembali ke pemberi kerja,” tambahnya.

Kerja fleksibel bukan satu-satunya keuntungan karyawan yang terkena gejolak ekonomi saat ini, menurut survei tersebut. Sebesar 74% eksekutif mengatakan pengembangan keterampilan mungkin harus dikesampingkan, sementara 75% mengatakan kesejahteraan karyawan kemungkinan akan kurang diprioritaskan.

Hampir 3.000 eksekutif tingkat C di perusahaan dengan setidaknya 1.000 karyawan dan dengan omset tahunan minimal setidaknya £250 juta (USD288,3 juta) disurvei oleh YouGov atas nama LinkedIn untuk mengumpulkan wawasan ini.

Sementara perusahaan mungkin berpikir mengurangi tunjangan seperti kerja fleksibel akan membantu mereka, mungkin ada konsekuensi jangka panjang yang serius, Graff percaya.

“Perusahaan yang menunda kemajuan dalam pekerjaan jarak jauh dan fleksibel berisiko menurunkan motivasi tenaga kerja mereka dan mendorong mereka ke pesaing yang menawarkan opsi yang lebih menarik. Fleksibilitas akan semakin menjadi masalah kelangsungan hidup bagi bisnis,” katanya.

Leave a Reply