Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

6 Tanda Kamu Cocok Jadi Pemimpin di Jajaran C-Suite (Bagian 2)

Ilustrasi pemimpin c suite-atasan-boss-Ilustrasi pemimpin c suite-atasan-boss (Pexels)

Topcareer.id – Mendapatkan peran eksekutif atau tingkat C-suite mungkin menjadi dambaan setiap orang. Tapi yang perlu diingat, pemimpian itu dibuat, bukan dilahirkan. Dengan mengembangkan kualitas yang dibutuhkan, kamu bisa menjadi pemimpin yang lebih kuat, bahkan setingkat eksekutif.

Beberapa kualitas kepemimpinan terlihat jelas. Tetapi ada juga petunjuk yang tidak biasa yang dapat mengungkapkan apakah kamu seorang pemimpin yang kuat.

Ingin mengetahui apakah kamu sudah punya kualitas itu dalam dirimu demi jabatan pekerjaan yang menyertakan kata “kepala?” Melansir Ladders, berikut adalah enam indikator mengejutkan kamu memang punya kualitas pemimpin sekelas C-suite.

4. Kamu dapat mengambil keputusan dan berkolaborasi

Studi yang disebutkan juga menyimpulkan bahwa pemimpin yang kuat menunjukkan ciri-ciri dari kategori ini: “analitis,” “tegas,” “kooperatif,” “berdedikasi,” “berkepribadian,” dan “praktis.”

Luangkan waktu sejenak untuk meninjau sifat-sifat secara keseluruhan dan pikirkan bagaimana kamu berperilaku dalam pengaturan tim. Bersikap analitis, tegas, dan praktis berarti mengambil keputusan saat dibutuhkan — dan memiliki penilaian yang baik untuk dapat melakukannya.

Di sisi lain, bersikap kooperatif dan menunjukkan kualitas yang berorientasi pada orang — ini tentang kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain. Apakah kamu mengenali dirimu sendiri? Selamat, kamu mungkin memiliki perpaduan sifat yang tepat untuk bergabung dengan C-Suite.

Baca juga: Ini Bedanya Antara Bos Pria VS Bos Wanita

5. Kamu dewasa secara emosional

Kematangan emosi adalah salah satu ciri inti yang diidentifikasi dalam model sifat kepemimpinan. Dan itu pasti bisa menjadi salah satu yang diremehkan.

Tapi apa sebenarnya kedewasaan emosional itu? Healthline mendefinisikan kedewasaan emosional sebagai kemampuan untuk mengelola emosimu, apa pun situasinya.

Dari mengakui kesalahanmu hingga menunjukkan EQ yang tinggi, menjadi orang yang matang secara emosional berarti kamu dapat menangani tekanan dari peran kepemimpinan tingkat tinggi — seperti pekerjaan tingkat C-suite.

6. Kamu suka bermain video game

Elon Musk baru-baru ini mengungkapkan bahwa bermain video game membantu mengubahnya menjadi miliarder pendiri teknologi.

Jadi, jika kamu terobsesi dengan game atau hobi apapun yang melibatkan pemecahan masalah kompleks dan harus menyusun strategi, kamu menyukai sesuatu. Dan sesuatu itu bisa membawamu langsung ke C-Suite.

Hanya karena kamu suka melenturkan kemampuan kognitifmu untuk bersenang-senang, bukan berarti kamu tidak dapat menggunakan keterampilan yang sama untuk memecahkan tantangan besar di tempat kerja — aspek penting dalam memimpin seluruh bisnis.

Leave a Reply