Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Pi, Varian Potensial COVID-19 yang Bakal Geser Posisi Omicron

EG.5 diklasifikasikan sebagai Variant of Interest oleh WHO. (Sumber foto: Freepik)EG.5 diklasifikasikan sebagai Variant of Interest oleh WHO. (Sumber foto: Freepik)

Topcareer.id – Sudah hampir tiga tahun sejak Covid-19 pertama kali terdeteksi, dan mengubah dunia.

Virus yang menutup dunia akan terus bermutasi menjadi varian baru setelah muncul di Wuhan, China pada Desember 2019.

Omicron adalah varian besar terakhir, yang diidentifikasi pada November 2021 lalu, tetapi para ilmuwan sudah melihat apa yang akan menggantikannya – Pi.

Varian Omicron awalnya menimbulkan kekhawatiran besar di seluruh dunia, paling tidak karena ditemukan sangat mudah menular dan 32 mutasi pada protein lonjakannya menunjukkan bahwa varian tersebut mungkin menolak vaksin saat ini.

Apa itu Pi?
Para ahli sekarang sedang menyelidiki apakah varian baru yang besar dapat muncul selama musim dingin dan membawa gelombang infeksi baru.

Jika memang varian baru muncul, itu akan disebut Pi, huruf berikutnya setelah Omicron dalam abjad Yunani.

Di Institut Penelitian Kesehatan Afrika baru-baru ini, para ilmuwan terkemuka dari Inggris, Jepang, dan Australia berkumpul untuk membahas prospek Covid di antara penyakit virus lainnya seperti HIV.

Profesor Wendy Barclay, seorang ahli virologi di Imperial College, mengatakan kepada Telegraph: “Apakah kita akan melihat varian muncul atau versi masa depan dari virus ini muncul yang datang dengan hasil lebih parah daripada omicron saat ini, baik karena mereka lolos dari beberapa tingkat kontrol yang diberikan oleh vaksin, atau karena mereka berubah secara inheren?” Ujar Prof. Barclay.

“Saya masih tidak berpikir itu bisa diselesaikan. Saya masih berpikir kita berada dalam fase di mana ada banyak sekali hal yang tidak kita ketahui.” Tambahnya.

Baca juga: Studi: Lebih dari 10,5 Juta Anak Jadi Yatim Piatu Karena Covid-19

Seberapa serius Pi?
Profesor Greg Towers, dari University College London, mengatakan dia berharap meskipun mungkin ada lebih banyak perubahan dalam susunan genetik virus, hal itu tidak akan mengakibatkan kembalinya penyakit serius.

Ahli virologi Universitas Warwick Profesor James Young mengatakan bahwa pengurangan rezim pengujian dapat membuat orang tidak siap untuk menghadapi masalah yang akan datang dari varian baru seperti Pi.

Profesor Alexi Sigal dari Australian HR Institute mengatakan ada perdebatan antara mereka yang percaya bahwa situasi yang lebih ringan saat ini adalah karena vaksin dan infeksi telah membangun dinding kekebalan yang efektif.

Sementara yang lain berpikir virus telah berevolusi secara signifikan menjadi kurang berbahaya, tetapi pergeseran bisa terjadi lagi ke arah lain.

Namun, dia memperingatkan bahwa evolusi virus dapat membawa kita kembali ke titik awal dalam perang melawan Covid.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply