Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

3 Kesalahan Besar yang Dilakukan Pencari Kerja Setelah PHK

Ilustrasi cara menghindari pekerjaan baru yang tidak disukai pada 2024 ini.Ilustrasi cara menghindari pekerjaan baru yang tidak disukai pada 2024 ini - searching job 2 (Pexels)

Topcareer.id – Ekonomi global yang suram menimbulkan efek nyata di pasar tenaga kerja, PHK massal di mana-mana. Dengan begitu, pasar kerja kini menjadi lebih ketat untuk beberapa pencari kerja yang pulih dari PHK.

Direktur di AngelList Talent (situs karier untuk pekerjaan startup), Albert Ko, tahu satu atau dua hal tentang bersiap menghadapi yang terburuk: Dia telah melalui lima putaran PHK dalam 15 tahun kariernya di bidang teknik dan penjualan.

Melansir CNBC Make It, Ko secara konsisten memperhatikan bahwa pencari kerja yang terkena PHK cenderung membuat tiga kesalahan besar saat mereka memasuki pasar. Inilah yang harus dihindari:

1. Mengatakan bahwa kamu dapat melakukan segalanya: ‘Tidak ada yang membutuhkan seorang generalis’

Saat kamu memperbarui status LinkedInmu atau memoles resume, kamu mungkin merasa ingin membuat daftar setiap tugas yang telah kamu sempurnakan atau setiap keterampilan yang kamu ambil. Dari perspektif perekrutan, ini adalah kesalahan. “Anda tidak ingin menjadi baik dalam segala hal. Jadilah sangat baik dalam beberapa hal,” kata Ko, mengutip CNBC Make It.

Resume dengan daftar semua yang pernah kamu lakukan tidak memberi pembaca tertarik tentang keahlian unikmu.

“Orang-orang akan menyatakan bagaimana mereka pandai penjualan dan pemasaran serta operasi. Dalam pikiran saya, saya seperti, ‘Anda tidak bisa menjadi baik dalam ketiga hal, dan saya tidak membutuhkan Anda untuk menjadi baik dalam ketiga hal itu.'”

Jadi, saat memposting tentang PHK di media sosial dan meminta prospek pekerjaan, luangkan waktu untuk merenungkan dengan tepat apa yang secara unik cocok untuk kamu lakukan dan apa yang ingin kamu lakukan selanjutnya, berdasarkan campuran dari minat, bakat, dan apa yang diminta oleh pasar.

2. Tidak jelas tentang apa yang akan kamu cari selanjutnya

Ko mengatakan senang melihat orang-orang memposting tentang PHK mereka di LinkedIn karena menghilangkan stigma seputar meminta bantuan. Dia menemukan mantan rekan kerja, perekrut, dan manajer perekrutan umumnya merespons secara positif pos-pos ini dan ingin memberikan dukungan mereka.

Baca juga: Sakit? Sebaiknya Ambil Cuti Kerja, Ini Alasannya

Tapi, kata Ko, kesalahan besar lain yang harus dihindari adalah meminta bantuan tetapi tidak menjelaskan apa yang kamu cari di pekerjaan atau perusahaanmu berikutnya.

“Jika kamu terlalu umum tentang jenis atau peran atau perusahaan tempatmu ingin bekerja, saya tidak punya tempat untuk memulai, dan saya berpotensi sangat sibuk membantu banyak orang pada saat yang sama,” kata Ko.

Untuk membantu jaringanmu membantumu, jelaskan secara spesifik: “Beri tahu saya jenis perusahaan tempatmu ingin bekerja, atau lakukan langkah ekstra untuk melihat manajer perekrutan atau tim di perusahaan tersebut dan beri tahu saya. Kemudian saya bisa memfasilitasi perkenalan seperti itu,” kata Ko.

3. Menerima setiap wawancara, bahkan jika kamu masih bingung

Selain crowdsourcing di LinkedIn, Ko merekomendasikan untuk memanfaatkan jaringan pribadi lain untuk prospek pekerjaan: alumni sekolah menengah atau perguruan tinggi, grup komunitas Facebook, organisasi tempatmu menjadi sukarelawan, dan grup sosial lainnya di mana kamu menjadi anggotanya.

Jika kamu mulai meminta bantuan orang lain dalam pencarianmu, pastikan kamu memiliki waktu dan energi mental untuk menindaklanjuti arahan yang diberikan orang kepadamu. “Kamu tidak memiliki terlalu banyak kesempatan untuk menempatkan dirimu di luar sana dan meminta rujukan,” kata Ko.

Dia mengatakan itu juga merupakan kesalahan besar untuk mengejar setiap rujukan ketika kamu tahu itu adalah sesuatu yang tidak kamu minati. “Perekrut dan rujukan tahu ketika kamu tidak serius tentang sesuatu,” katanya. “Jika mereka berusaha keras untukmu dan kamu tidak yakin (tentang peluang), itu akan menjadi masalah.”

Leave a Reply