Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

2 Pilar Utama Ekosistem Digital Kemnaker untuk Ketenagakerjaan, Apa Saja?

Topcareer.Id – Kementerian Ketenagakerjaan telah memiliki 2 pilar utama ekosistem digital ketenagakerjaan, yakni Satu Data Ketenagakerjaan dan Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAPkerja).

Satu Data Ketenagakerjaan adalah portal satu data yang digunakan sebagai media pemanfaatan data ketenagakerjaan oleh seluruh masyarakat dan seluruh mitra kerja ketenagakerjaan.

Sementara SIAPkerja adalah platform bagi segala jenis layanan publik dan aktivitas bidang ketenagakerjaan, baik di pusat maupun daerah.

“Ekosistem digital ketenagakerjaan ini menjadi bagian dari jawaban atau solusi dalam memberikan layanan terkait ketenagakerjaan secara menyeluruh dan terintegrasi,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, saat menyampaikan Kuliah Umum di UNISBA, Bandung, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Untuk Lindungi Pekerja, Menaker Minta Inovasi K3 Terus Dilakukan

Sekjen Anwar menambahkan, layanan digital SIAPkerja terintegrasi pada 4 pelayanan ketenagakerjaan secara digital, yakni:

Skillhub, sebuah pelayanan yang mengkhususkan pada peningkatan kompetensi angkatan kerja Indonesia agar semakin tinggi dan memenuhi kriteria kebutuhan tenaga kerja baik dari sektor industri maupun sektor lainnya.

Sertihub, pelayanan sertifikasi ketenagakerjaan untuk standar kompetensi dengan kualitas yang terjamin untuk setiap pelatihan. Sertifikasi ini juga menjadi acuan baik untuk para pencari kerja dan pemberi kerja dalam mengikuti pelatihan dalam rangka reskilling dan upskilling.

Karirhub, menghubungkan para pencari kerja dengan pemberi kerja. Portal ini diharapkan menjadi jembatan yang efektif dalam rangka link and match ketenagakerjaan di mana tenaga kerja yang kompeten, mempunyai skill serta bersertifikat dapat bertemu dengan mudah dengan perusahaan yang membutuhkan calon pegawai yang kompeten.

Bizhub, memberikan pelayanan kepada angkatan kerja yang mempunyai minat sebagai Tenaga Kerja Mandiri (TKM) yang terhubung dengan pelatihan bisnis, mentoring, jaringan usaha, hingga pembiayaan modal usaha.

“Jadi semua layanan digital ini untuk mempermudah dan memperluas akses pelayanan di bidang ketenagakerjaan,” ucapnya.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply