Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Bad News! Data Hampir 500 Juta Pengguna WhatsApp Bocor

Sumber foto: freepik.comSumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Seseorang diduga menjual nomor ponsel terbaru dari hampir 500 juta pengguna WhatsApp. Sampel data yang diselidiki oleh Cybernews kemungkinan besar mengonfirmasi hal ini.

Pada 16 November, seseorang memposting iklan di forum komunitas peretasan terkenal dan mengklaim bahwa mereka menjual basis data 2022 dari 487 juta nomor ponsel pengguna WhatsApp.

Dataset tersebut diduga berisi data pengguna WhatsApp dari 84 negara. Pelaku mengklaim ada lebih dari 32 juta catatan pengguna AS yang disertakan.

Sebagian besar nomor telepon lainnya milik warga Mesir (45 juta), Italia (35 juta), Arab Saudi (29 juta), Prancis (20 juta), dan Turki (20 juta).

Dataset yang dijual juga diduga memiliki hampir 10 juta nomor telepon warga Rusia dan lebih dari 11 juta warga Inggris.

Pelaku ancaman mengatakan kepada Cybernews bahwa mereka menjual kumpulan data AS seharga $7.000, Inggris – $2.500, dan Jerman – $2.000.

Indonesia juga masuk dalam database ini. Dari total data yang ada, lebih dari 130.000 nomor telepon diklaim milik pengguna WhatsApp di Indonesia.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Fitur Business Chat

Informasi tersebut sebagian besar digunakan oleh penyerang untuk serangan smishing dan vishing, jadi pengguna disarankan untuk tetap waspada terhadap panggilan apa pun dari nomor tak dikenal.

WhatsApp dilaporkan memiliki lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan secara global.

Cybernews menyelidiki semua nomor yang termasuk dalam sampel dan berhasil memastikan bahwa semuanya adalah pengguna WhatsApp.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply