Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTren

7 Prospek Kerja Lulusan Teknik Perkapalan

Ilustrasi kapalIlustrasi kapal (freepik)

Topcareer.id – Jurusan kuliah teknik perkapalan yang ada di benak orang mungkin akan bekerja di kapal, di tengah laut lepas. Padahal ada beberapa prospek kerja lulusan teknik perkapalan yang belum banyak diketahui.

Jurusan Teknik Perkapalan adalah program studi yang mempelajari seluk beluk yang berkaitan dengan kapal, mulai dari mempelajari cara merancang sebuah kapal, mesin kapal dan lain sebagainya.

Dosen Fakultas Teknik Prodi Perkapalan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Betty Ariani membagikan sejumlah prospek kerja lulusan teknik perkapalan yang belum banyak diketahui oleh orang.

1. Surveyor kapal

Menurut Betty prospek kerja satu ini dapat tergabung dalam Biro Klasifikasi Kapal seperti BKI, American Bureau Shipping, llyoid Register, Nippon Kaiji Kyokai, maupun independen surveyor yang merupakan tenaga ahli dalam bidang survey kapal baik survey rutin maupun survey kerusakan.

“Seorang surveyor kapal melakukan pengetesan maupun inspeksi terhadap peralatan maupun perlengkapan kapal yang terkait dengan sertifikasi kelas baik lambung maupun permesinan untuk kepentingan charter kapal, jual beli maupun asuransi kapal,” kata Betty dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Rabu (30/11/2022).

2. Marine Project Manager

Lebih lanjut Betty menjelaskan, lulusan teknik perkapalan bisa menjadi tenaga ahli yang mengelola suatu proyek pembangunan kapal baru maupun repair bersama tim pendukung dalam sebuah galangan kapal seperti PT.PAL, Adiluhung Sarana Segara, Orela dan yang lainnya.

3. Konsultan desain & perekayasa (Design Engineering)

Seseorang, kata Betty, bisa menjadi tenaga ahli dalam bidang desain dan perancangan kapal dengan menguasai ilmu rancang bangun kapal sesuai dengan permintaan owner dengan mempertimbangkan aspek teknis, ekonomis, lingkungan dan keselamatan.

4. Welding inspector/welding engineer industri perkapalan atau migas

Betty memaparkan, Welding Inspector (Inspektur Las) adalah seorang tenaga ahli yang bertugas untuk menginspeksi kualitas atau Quality Control (QC) suatu produk pengelasan sesuai dengan standar yang ditentukan seperti ASME, AWS, API, atau lainnya.

Baca juga: Ada 3 Hal Yang Perlu Jadi Pegangan Perusahaan Sebelum Rekrut Gen Z

5. Oil & gas engineer pada offshore industry

Perusahaan offshore minyak dan gas banyak membutuhkan tenaga ahli bidang perkapalan untuk mendukung industri migasnya terutama pada kegiatan transportasi hasil. Perusahaan semacam Chevron Pasific, PT.Rig Tender maupun PT.Pertamina banyak membutuhkan para lulusan teknik perkapalan.

6. Periset (researcher)

Lulusan Teknik perkapalan bisa menjadi tenaga ahli dalam bidang riset transportasi laut, bangunan apung, perhubungan dan keselamatan pelayaran, pencemaran laut, hingga energi terbarukan seperti pembangkit listrik terapung.

“Sebagai researcher, selain melakukan penelitian maka dapat diaplikasikan pada pendidikan (dosen) maupun pelatihan terkait naval architecture,” ujar Betty.

7. Marine technopreneur

Lulusan tekni perkapalan ini bisa bekerja mandiri menciptakan lapangan pekerjaan dalam bidang perkapalan, pelayaran dan kepelabuhan.

Seseorang bisa menjadi pengusaha yang bergerak pada layanan perencanaan, pengawasan dan pelaksanaan pembangunan kapal seperti galangan kapal fiber maupun non ferro lainnya.

“Seseorang bisa menjadi pengusaha dengan aktivitas jual beli produk kapal maupun jasa pendukung seperti layanan coating, blasting maupun testing terkait perkapalan dan menjadi pengusaha yang bergerak dalam industri pelayanan angkutan, pelayaran, dan kepelabuhan,” pungkas Betty.

Leave a Reply