TopCareerID

Ikut Virtual Career Fair? Pakai 5 Cara Ini Biar Lebih Menonjol

presentasi virtual.

Topcareer.id – New normal telah tiba di masa-masa pandemic yang tak kunjung berakhir ini, termasuk dalam bursa kerja. Ada jutaan dari kita yang menganggur karena berbagai alasan, salah satunya, tentu saja, karena pandemi.

Namun, tampaknya ada secercah harapan, karena jumlah pameran kerja virtual (job fair virtual) telah meningkat secara eksponensial akibat Covid. Jadi, apa yang dapat kamu lakukan untuk membuat dirimu menonjol di antara orang banyak dan memastikan bahwa kamu adalah orang yang paling dapat dipekerjakan? Berikut lima hal yang dapat kamu lakukan agar berhasil, dilansir dari laman The Ladders.

1. Jangan di-muted

Lihatlah, ada yang membicarakan tentang diri Anda dengan cara terbaik dan kemudian ada pembicaraan terus-menerus ke titik di mana mata semua orang berputar serempak. Cobalah untuk menyampaikan pendapatmu tentang mengapa kamu menjadi bom pada waktu yang tidak akan membuat seluruh kelompok mati.

2. Berdandanlah dan berpakaian rapi

Setidaknya terlihat profesional dari pinggang ke atas. Selain itu, pastikan kamu selalu tampil semenarik mungkin, terlepas dari apakah sorotannya bukan padamu. Jika mereka melihat kamu mengirim pesan saat orang lain berbicara atau terlihat jelas bahwa kamu bosan, mereka mungkin tidak akan mempertimbangkanmu.

3. Teruskan percakapan

Obrolan berkelompok yang mengalir dengan baik akan membuatmu ikut serta saat diperlukan. Katakanlah misalnya orang lain sedang mengemukakan sesuatu yang topiknya bisa kamu diskusikan juga dan mungkin mengemukakan sesuatu dalam kehidupan profesionalmu yang berhubungan dengan masalah tersebut. Itu bisa memberimu keunggulan dan membuatmu terlihat cerdas dan bukan pamer.

Baca juga: 10 Cara Redakan Rasa Cemas Hadapi Wawancara Kerja (Bagian 1)

4. Lakukan riset tentang perusahaan

Pastikan kamu melihat semua perusahaan yang akan menghadiri Virtual Career Fair (VCF) sebelumnya dan mencari tahu mana yang paling cocok untukmu.

Temukan kunci dan fakta menarik tentang siapa mereka, terutama berita penting terbaru yang dapat kamu ucapkan selamat kepada mereka, sehingga jika mereka menanyakan apa yang kamu ketahui tentang mereka, kamu sudah siap.

5. Follow up. Selalu tindak lanjuti

Terlepas dari apakah ini obrolan satu lawan satu atau dengan beberapa orang, selalu penting untuk mengirim email tindak lanjut untuk berterima kasih atas waktu mereka. Agar kamu tidak terdengar begitu kuat, kamu dapat mengemukakan anekdot yang terjadi selama rapat di luar kebiasaan, “Terima kasih telah meluangkan waktu untuk bertemu dengan saya hari ini.”

Hal-hal kecil seperti ini dapat menghasilkan sesuatu yang jauh lebih besar terjadi seperti kamu mendapatkan pekerjaan itu dari orang lain.

Exit mobile version