Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Menurut Penelitian Baru, Ini Kesalahan Umum Saat Interview Kerja Virtual

Sumber foto: attune.com

Topcareer.id – Ada beberapa hal yang tidak disukai dari wawancara kerja virtual. Di antaranya, koneksi internet yang tidak stabil, gangguan yang tidak disengaja, hingga penempatan kamera yang bisa jadi canggung. Itu mungkin beberapa kesalahan yang tidak fatal, tapi ada yang membuat peluangmu hangus.

Antara Agustus dan September, TopResume meminta 330 manajer perekrutan, perekrut, dan profesional SDM Amerika Serikat untuk memberi peringkat pelanggaran terburuk yang dapat dilakukan kandidat selama wawancara virtual.

Pemecah kesepakatan wawancara virtual nomor satu yang dapat membuatmu kehilangan pekerjaan? “Menghindari kontak mata atau menatap ke ruang kosong,” menurut pakar perekrutan yang diwawancarai untuk laporan tersebut, mengutip laman CNBC Make It.

Menurut Jeff Hyman, CEO Recruit Rockstars, kontak mata langsung dalam sebuah wawancara adalah keterampilan penting untuk dilakukan karena menunjukkan profesionalisme, membangun kepercayaan dan sopan.

“Kami secara inheren terprogram untuk percaya bahwa orang yang licik berbohong atau menyembunyikan sesuatu, bahkan jika mereka hanya gugup,” katanya.

Menatap langsung ke kamera mungkin terasa tidak wajar — tetapi berlatih dengan teman di platform konferensi video seperti Zoom atau Microsoft Teams sebelumnya dapat membantumu memastikan bahwa kamu melihat ke tempat yang tepat, kata Amanda Augustine, pakar karier di TopResume, mengatakan.

“Menguji penyiapan videomu sebelumnya sangatlah penting,” katanya.

Baca juga: Nggak Perlu Dibuat-Buat, Begini Caranya Tampil Alami Saat Interview Kerja

Jika seorang teman dapat meluangkan waktu lima menit untuk melakukan panggilan video dan mengonfirmasi bahwa kontak matamu terlihat kokoh, Augustine merekomendasikan untuk mengambil Post-It dan menempelkannya di tempat yang direkomendasikan temanmu untuk dilihat di layar komputermu.

Hal itu untuk mengingatkan diri sendiri di mana kamu harus melakukannya sehingga nantinya kamu akan melihat ke tempat itu ketika saatnya untuk wawancara.

“Mencondongkan tubuh ke depan, tersenyum, dan menganggukkan kepala adalah tindakan afirmatif yang menunjukkan bahwa kamu ‘terlibat, terhubung, dan bersemangat’ tentang percakapan tersebut,” kata Augustine.

Tetapi kontak mata langsung tidak memungkinkan untuk semua orang

Namun, beberapa kandidat mungkin memiliki kecacatan atau kondisi yang dapat mencegah mereka melakukan kontak mata langsung dengan pewawancara, seperti gangguan stres pasca-trauma (PTSD) atau gangguan hiperaktif defisit perhatian (ADHD), LaShawn Davis, konsultan sumber daya manusia, menunjukkan.

Dia mendorong manajer perekrutan untuk tidak secara otomatis menyimpulkan bahwa kandidat tidak terlibat atau tidak tertarik jika mereka tidak melakukan kontak mata langsung selama wawancara, karena tidak semua orang merasa nyaman mengungkapkan detail kesehatan mereka atau meminta akomodasi dalam lamaran kerja.

“Sebagai seorang manajer, penting bagi kami untuk memperhatikan latar belakang orang yang berbeda saat kami ingin mengembangkan lingkungan kerja yang beragam,” kata Davis.

Leave a Reply