Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Empat Alasan Bahaya Charger HP Sambil Gunakan Headset

Topcareer.id – Mungkin kita sering dengar bahwa saat mengisi daya hp baiknya untuk tidak menggunakan headset sekaligus. Bahkan ada berbagai kejadian yang tidak mengenakkan terkait perilaku itu.

Jadi, apa yang menjadi alasan tetap menggunakan headset saat mengisi daya hp bisa sangat berbahaya?

Dalam keterangan tertulis, Dosen Fakultas Teknik UM Surabaya Lukman Hakim memaparkan sejumlah alasan bahaya mencharger hp sambil menggunakan headset saat digunakan.

1. Hp mudah panas

Ia mengatakan karena handphone harus mengerjakan beberapa aktivitas dalam waktu bersamaan seperti mendengarkan lagu, mencharge dan belum lagi biasanya membuka media sosial tertentu, hal tersebut mengakibatkan HP overheat.

2. Memperpendek umur baterai

“Kedua memperpendek umur baterai. Bahaya charger HP sambil menggunakan headset saat tidur akan membuat baterai mengalami tegangan tinggi, maka sangat perlu memastikan hanphone memiliki fitur stop charging apabila daya sudah maksimal,” kata Lukman dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Selasa (27/12/22).

Baca juga: 10 Film Netflix Ramah Keluarga Untuk Ditonton Saat Tahun Baru (Bagian 1)

3. Konsleting

Ia lebih lanjut menyampaikan, bermain HP dibarengi dengan pengisian daya ponsel menggunakan colokan charger atau adapter ponsel yang tidak asli dan tidak standar menimbulkan rentan terjadinya kebocoran listrik.

4. Masalah kesehatan

Menurutnya, penggunaan headset yang tidak sesuai aturan dan berlangsung lama menyebabkan telinga sering berdenging, menimbulkan infeksi pada telinga.

“Belum lagi telinga yang tidak cukup kuat menanggung beban suara keras dari headset akan menyebabkan kerusakan pada fungsi telinga,” tandas Lukman.

Leave a Reply