Topcareer.id – Pemilihan warna untuk logo dari suatu brand merupakan elemen penting dalam desainnya, sebab warna akan jadi representasi visual perusahaan beseerta nilai-nilainya.
Bagi orang awam, pemilihan warna mungkin dianggap sepele. Padahal ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan saat memilih warna untuk logo brand.
Alasan pemilihan warna jadi hal penting bagi masing-masing logo brand terkenal sebab warna memiliki dampak serius pada orang yang melihatnya.
Berikut ini makna dari ragam pilihan warna yang digunakan oleh logo brand ternama dunia.
Bagian pertama dari artikel
Ungu
Mewah dan bijaksana, memberi kesan royal, kaya dan sukses.
Sebagai warna klasik bangsawan dan raja, tidak mengherankan jika ungu umumnya dikaitkan dengan kekayaan dan kemewahan.
Ungu mewakili fantasi, misteri, dan sihir, dan dapat membangkitkan perasaan kebijaksanaan dan imajinasi.
Logo berwarna ungu menunjukkan bahwa brand itu mewah dan imajinatif.
Contoh brand terkenal dengan warna ungu: Cadbury, Hallmark, Syfy, FedEx, Welch’s, Wonka, Monster.com.
Pink
Feminin dan manis serta memberi kehangatan dan energi.
Warna pink terkait dengan feminitas, dan umumnya digunakan dalam logo untuk brand yang ditargetkan untuk wanita. Hal ini juga dikaitkan dengan rasa manis.
Pink juga dipandang sebagai warna “menyenangkan” dan dapat membangkitkan rasa ingin bermain.
Contoh brand terkenal yang menggunakan warna pink: Baskin & Robins, Barbie, Justice, Taco bell, T-Mobile, Dunkin’ Donuts, LG, Pink Victoria Secret.
Baca juga: Pentingnya Pemilihan Warna Dalam Dunia Desain
Hijau
Bermakna awet Muda dan ramah bumi serta memberi kesan kesehatan, ketenangan, dan kesegaran.
Hijau mewakili pertumbuhan dan membangkitkan perasaan rileks serta penyembuhan.
Ini adalah warna vegetasi yang sehat, sehingga mengingatkan yang melihatnya tentang alam dan kesehatan.
Warna hijau juga terkait dengan uang dan kekayaan. Logo berwarna hijau menyampaikan pesan bahwa perusahaan ramah lingkungan.
Contoh brand terkenal yang menggunakan warna hijau: Starbucks, Android, Spotify, Animal Planet.
Biru
Maknanya tenang dan logis serta memberi stabilitas dan kedamaian.
Biru dikaitkan dengan langit dan lautan, yang keduanya membangkitkan perasaan ketenangan dan keamanan.
Warna ini juga telah terbukti membuat orang-orang lebih produktif ketika bekerja di ruangan berwarna biru.
Biru juga terkenal untuk mengekang nafsu makan. Logo berwarna biru menunjukkan profesionalisme dan logis, tetapi tidak invasif.
Selain itu dapat menciptakan rasa aman dan kepercayaan pada perusahaan.
Biru tidak ideal untuk perusahaan yang bergerak di bidang restoran atau jenis bisnis yang menjual makanan.
Contoh brand terkenal yang menggunakan warna biru: Twitter, Facebook, American Express, Ford, Oral-B, Dell, GE.