Topcareer.id – Pemilihan warna untuk logo dari suatu brand merupakan elemen penting dalam desainnya, sebab warna akan jadi representasi visual perusahaan beseerta nilai-nilainya.
Bagi orang awam, pemilihan warna mungkin dianggap sepele. Padahal ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan saat memilih warna untuk logo brand.
Alasan pemilihan warna jadi hal penting bagi masing-masing logo brand terkenal sebab warna memiliki dampak serius pada orang yang melihatnya.
Berikut ini makna dari ragam pilihan warna yang digunakan oleh logo brand ternama dunia.
Lanjutan dari bagian pertama artikel
Hitam
Melambangkan serius dan canggih, memberi makna anggun, serius serta eksklusif.
Hitam dipandang sebagai warna serius, tanpa embel-embel, dan dapat membangkitkan perasaan modern.
Meskipun mungkin terlihat polos, warna ini sering digunakan untuk produk-produk mewah karena rasa keanggunan dan glamornya.
Hitam juga dapat menunjukkan kepada konsumen bahwa brand cukup misterius dan eksklusif.
Contoh brand terkenal yang menggunakan warna hitam: BBC, The New York Times, Blackberry, Channel, Prada, Michael Kors, Tiffany & Co, Gucci.
Merah
Terkesan kuat dan bergairah serta penuh percaya diri, dan berenergi.
Warna merah menarik perhatian dan membangkitkan emosi yang kuat dari orang yang melihatnya. Secara universal dipandang sebagai perwakilan dari romansa.
Merah juga menyebabkan peningkatan denyut jantung dan nafsu makan serta rasa urgensi.
Logo berwarna merah menunjukkan kekuatan dan energi tinggi dari suatu brand.
Jika perusahaan bergerak di bidang restoran, merah adalah pilihan bijak. Warna merah Telah terbukti meningkatkan nafsu makan.
Kemampuannya untuk meningkatkan detak jantung juga baik untuk brand yang berusaha menciptakan urgensi untuk barang-barang yang biasanya dibeli secara impulsif.
Contoh brand terkenal yang menggunakan warna merah: Majalah TIME, Pinterest, Lego, Netflix, Kellogg’s cereal, K-Mart, Coca Cola, McDonald’s.
Baca juga: Facebook Warna Biru karena Mark Zuckerberg Buta Warna?
Kuning
Menyenangkan, ramah, memberi kebahagiaan, meningkatkan optimisme dan perhatian.
Kuning merupakan warna ceria nan hangat yang mendorong komunikasi. Pada sisi negatifnya, kuning juga terkadang dikaitkan dengan kehati-hatian, seperti pada rambu-rambu jalan dan lampu lalu lintas.
Warna ini juga dapat menyebabkan ketegangan mata.
Namun, dalam suatu logo brand, warna kuning menunjukkan bahwa perusahaan positif dan ramah.
Ini dapat digunakan untuk menarik perhatian pembeli dan menyampaikan rasa kebahagiaan.
Contoh brand terkenal yang menggunakan warna kuning: Nikon, Post-it, Hertz, Caterpilar, Forever 21.
Oranye
Membawa kesan playful dan antusias serta penuh kegembiraan, kehangatan, dan kreativitas.
Warna ini bisa mengaktifkan aktivitas otak dan agresif karena sifatnya yang eye-catching.
Kombinasi keramahan dan stimulasi mental ini membuatnya hebat untuk menginspirasi konsumen dalam mengambil tindakan.
Logo berwarna oranye akan mengirim pesan bahwa perusahaan ramah dan ceria.
Oranye bisa jadi pilihan yang baik untuk brand yang ingin dilihat berhati ringan dan tidak terlalu serius, namun tetap percaya diri.
Contoh brand terkenal yang menggunakan warna oranye: Amazon, Minuman soda Crush Orange, Fanta, Gulf Oil, Nickelodeon, toko sepatu Payless, Timberland, Harley Davidson, Mozilla Firefox.