Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Pelat Kendaraan Bakal Dipasang Chip dan QR Code, Ini Tujuannya

Ilustrasi pergantian pelat nomor kendaraan menjadi puith.Ilustrasi pergantian pelat nomor kendaraan menjadi puith.

Topcareer.id – Korps Lalu Lintas Polri kini sedang mengembangkan pemasangan chip dan QR code pada pelat nomor kendaraan bermotor. Untuk apa? Pengembangan ini guna memudahkan kepolisian memantau data kendaraan melalui kamera ETLE yang terpasang.

“Kami sedang mengembangkan pelat nomor dengan QR code dan chip untuk mengetahui plat nomor kendaraan itu asli atau palsu,” kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, dikutip dari laman resmi Korlantas Polri, Kamis (5/1/2023).

Firman mengatakan, penggunaan teknologi QR code dan chip pada pelat nomor kendaraan ini untuk mengetahui pelat nomor yang digunakan oleh pengendara palsu atau asli.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas masih rendah. Sejak tilang elektronik (ETLE) dioptimalkan justru diakali oleh masyarakat untuk melakukan pelanggaran dengan menghindari plat nomor terbaca kamera ETLE dengan cara mencopot plat nomor kendaraannya.

Baca juga: BPH Migas: Tahun 2022, Ada 1,42 Juta Liter Penyalahgunaan BBM Subsidi

Selain itu, kata dia, masyarakat juga masih ada yang menggunakan plat nomor kendaraan tidak sesuai standar (palsu) yang dibeli lewat penjaja kaki lima di jalanan.

Firman mengimbau masyarakat untuk tidak membeli plat nomor palsu yang di jualan di pasaran. Polri akan segera memperbaiki kualitas plat nomor kendaraan bermotor, sehingga dimasa yang akan datang tidak akan ada pembiaran terhadap penggunaan plat nomor tidak sesuai standar.

“Kita selalu mengimbau masyarakat enggak usah beli-beli yang palsu-palsu lagi lah, ngapain. Di lapangan itu, ya pelat nomor kita akan kita perbaiki kualitas-kualitasnya,” ujarnya.

Leave a Reply