Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tiga Cara Penuhi Nutrisi Tubuh Selama Bulan Puasa

Ilustrasi bulan puasa-ramadanIlustrasi bulan puasa-Ramadan. (Pexels)

Topcareer.id – Asupan makanan yang beragam hingga jam makan yang berubah, bukan berarti nggak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama bulan puasa. Seperti yang diketahui bahwa di bulan Ramadan, puasa merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang dijalankan selama satu bulan.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition, Susan Bowerman mengatakan kebutuhan nutrisi yang baik selama Ramadan dapat membantumu menghindari beberapa efek samping umum dari puasa, seperti pusing atau dehidrasi, dan memberikan energi yang dibutuhkan untuk melewati hari.

Berikut adalah tiga tips untuk Ramadan yang sehat menurut Susan dalam siaran pers yang dibagikan.

1. Tetap terhidrasi

Minum air sangat penting untuk tetap sehat. Asupan cairan memungkinkan sebagai transportasi nutrisi, eliminasi produk limbah, regulasi dan pemeliharaan suhu tubuh, pemeliharaan sirkulasi dan tekanan darah, pelumasan sendi dan jaringan tubuh serta fasilitasi pencernaan.

Susan mengatakan, untuk memastikan bahwa kamu minum cukup air sepanjang malam, 8 gelas air dapat didistribusikan menggunakan metode 2-4-2 antara lain 2 gelas saat makan berbuka puasa, 4 gelas dari setelah berbuka hingga waktu tidur, dan 2 gelas selama makan sahur.

2. Pilih makanan sederhana yang kaya nutrisi

Ia melanjutkan, meskipun kamu ingin makanan manis yang mengandung tinggi gula dan lemak untuk berbuka puasa, ini bukan pilihan terbaik. Jenis makanan tersebut tidak hanya penuh dengan kalori kosong, tetapi mungkin menggoda untuk berlebihan.

Baca juga: Menu Buka Puasa Yang Aman Bagi Penderita Asam Lambung

Sebaliknya, cobalah untuk menggabungkan makanan yang kaya nutrisi; yaitu, makanan yang memberikan banyak nutrisi (protein, mineral, vitamin, karbohidrat) relatif terhadap biaya kalorinya.

Oleh karena itu, fokuskan pada protein tanpa lemak, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh jika memungkinkan.

3. Memasukkan serat dan protein dalam menu makanan

Manfaatkan waktu makan sahur dan berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan protein.

Makanan yang tinggi serat dicerna dengan lambat dan menambah isi pada makanan, yang dapat membantu merasa kenyang serta membantu melancarkan buang air besar dan menghindari sembelit. Pilihlah sereal, kurma, ara, biji-bijian utuh, biji-bijian, sayuran, dan buah.

Makanan yang kaya protein seperti kedelai, telur, keju, kacang-kacangan, unggas, ikan, dan yogurt membantu mengembalikan energi dan membuat merasa kenyang dalam waktu lebih lama.

“Memastikan tubuh untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan sangat penting setiap hari, terutama selama Ramadan. Nutrisi yang baik dapat memberikan dampak positif pada tubuh dan pikiran kita,” ujar Susan.

Leave a Reply