TopCareerID

Disney Mulai Gelombang PHK Kedua yang Lebih Besar, Total Pangkas 4.000 Staf

Disney.

Disney (source: Disney)

Topcareer.id – Pada Senin (24/4/2023), Disney memulai gelombang PHK kedua yang lebih besar. Dengan gelombang PHK kedua itu, menjadikan total pemutusan hubungan kerja dalam beberapa minggu terakhir menjadi 4.000 ketika putaran terakhir selesai.

Awal tahun ini, Disney mengatakan akan memangkas 7.000 pekerja dari tenaga kerjanya sebagai bagian dari reorganisasi yang lebih besar dari perusahaan, memangkas biaya sebesar USD5,5 miliar. Pengumuman itu dibuat selama panggilan pendapatan pertama Bob Iger sejak kembali sebagai CEO.

Pejabat Disney mengatakan bahwa mereka tidak menganggap enteng kepergian begitu banyak pegawai. Menghilangkan 7.000 pekerja dari tenaga kerjanya setara dengan sekitar 3% dari sekitar 220.000 orang yang dipekerjakan Disney pada 1 Oktober, menurut pengarsipan sekuritas, sekitar 166.000 di AS dan sekitar 54.000 secara internasional.

Disney memberi tahu karyawan tentang gelombang pertama PHK pada 27 Maret, yang melihat pemangkasan di unit strategi metaverse dan bagian dari kantornya di Beijing.

“Tim kepemimpinan senior telah bekerja dengan rajin untuk menentukan organisasi masa depan kami, dan prioritas terbesar kami adalah menyelesaikannya dengan benar, daripada menyelesaikannya dengan cepat,” demikian catatan kepada karyawan dari co-chairmen Disney Entertainment, Alan Bergman dan Dan Walden pada Senin (24/4/2023), dikutip CNBC.

Baca juga: Ikut Arahan Presiden, Kemenag Izinkan Pegawainya Ajukan Cuti Tahunan

Pemangkasan putaran kedua, yang akan selesai Kamis, akan memengaruhi berbagai divisi di seluruh perusahaan, termasuk Disney Entertainment dan ESPN, serta Park, Experience, dan Produk Disney.

Pekerja yang terpengaruh akan tersebar di seluruh negeri dari Burbank, California, hingga New York dan Connecticut. CNBC melaporkan minggu lalu PHK akan segera dimulai di ESPN.

“Saat kami maju sebagai segmen inti Disney, dengan kontrol operasional dan tanggung jawab keuangan, kami harus lebih jauh mengidentifikasi cara untuk menjadi efisien dan gesit,” tulis CEO ESPN Jimmy Pitaro dalam catatan kepada karyawan.

“Kami akan bertindak dengan belas kasih, menghormati kolega kami, dan profesionalisme saat kami menghadapi keadaan sulit ini.”

Disney mengatakan akan memulai gelombang ketiga PHK sebelum awal musim panas untuk mencapai target 7.000. Disney sebelumnya mengatakan tidak memperkirakan PHK akan memengaruhi pekerja per jamnya di taman dan resornya.

Exit mobile version