Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kesalahan Karier Nomor 1 yang Harus Dihindari Saat Usia 20-an

Ilustrasi. Dok/Kantor KitaIlustrasi. Dok/Kantor Kita

Topcareer.id – Membuat kesalahan di usia muda seperti 20-an memang jadi hal wajar dan akan lebih mudah diperbaiki. Namun, perlu diingat bahwa ada kesalahan karier yang lebih berbahaya daripada kesalahan lainnya meski dilakukan di usia 20-an.

Menurut Jenny Cheng, Wakil Presiden dan Manajer Umum Google Wallet, salah satu kesalahan karier “terburuk” dan paling umum yang bisa kamu lakukan di usia 20-an adalah mengharapkan sesuatu terjadi hanya karena kamu merasa pantas mendapatkannya.

Cheng lantas bercerita bahwa ia jatuh dalam perangkap ini pada awal-awal masa kariernya. Cheng yang kini berusia 50 tahun itu mulai bekerja di Deloitte sebagai konsultan senior tak lama setelah lulus dari University of California, Berkeley.

Cheng mengatakan dirinya menghabiskan sebagian besar awal usia 20-an berjuang untuk mengadvokasi dirinya sendiri di tempat kerja .

“Saya ingat pernah berpikir bahwa saya akan dipromosikan karena saya melakukan pekerjaan dengan sangat baik, tetapi menurut saya kesalahannya adalah tidak menyadari bahwa ini bukan hanya tentang prestasi,” kata Cheng dikutip laman CNBC Make It.

Jadi, meski kamu yakin telah mendapatkan promosi, kenaikan gaji, atau jenis pengakuan lainnya, Cheng mengatakan bahwa kamu harus tetap jelas dan vokal tentang apa yang kamu inginkan di tempat kerja.

“Cari peluang itu, lalu posisikan dirimu untuk itu: Angkat tanganmu dan katakan, ‘Saya tertarik melakukan itu.’ Kemudian, kamu perlu meminta pertanggungjawaban manajermu untuk memberimu kesempatan itu, dengan menghubungi mereka dan meminta pembaruan,” ujarnya.

Baca juga: Siapkan Jawaban Terbaik Saat Ditanya: “Kenapa Kami Harus Merekrutmu?”

Kamu mungkin merasa tidak nyaman meminta sesuatu di awal karir, tetapi memiliki kepercayaan diri untuk melakukannya adalah “sangat, sangat penting,” menurut Cheng.

“Jika kamu mengharapkan promosi atau kenaikan gaji terjadi tanpa berbicara tentang apa sebenarnya yang kamu inginkan, kamu berisiko menghentikan kariermu atau memperlambat perkembanganmu,” ucapnya.

Bahkan para pemimpin di puncak tidak mengetahui semuanya

Penting juga untuk merangkul kemauan untuk belajar dan gagal sejak dini dalam kariermu sehingga kamu dapat terus tumbuh dan berkembang sebagai seorang profesional.

“Ketika saya pertama kali mulai bekerja di Deloitte, salah satu pemimpin senior memberi tahu saya, ‘Jenny, hanya karena saya lebih tua dan memiliki gelar lebih tinggi dari Anda, bukan berarti saya tahu lebih banyak dari Anda,’” kata Cheng.

“Mendengar itu benar-benar membesarkan hati, bahwa bahkan para pemimpin di puncak tidak mengetahui semuanya, jadi saya dapat menghilangkan tekanan dari diri saya sendiri untuk melakukan hal yang sama.”

Leave a Reply