Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kemenperin Cetak Pelatih Tempat Kerja Kompeten Tingkat Internasional

Topcareer.id – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia, termasuk melalui pelaksanaan program kerja sama pengembangan sumber daya manusia (SDM) kompeten.

Dalam hal ini, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin terus proaktif menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar negeri.

Contoh sinergi yang telah dilakukan oleh BPSDMI antara lain menyelenggarakan Pelatihan Pelatih Tempat Kerja (In-Company Trainer) Internasional Kualifikasi Dasar Batch 2 di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Program ini telah berjalan sejak tahun 2018 dengan total peserta mencapai 280 orang dari 15 batch kualifikasi dasar dan 14 batch kualifikasi master,” kata Kepala BPSDMI Kemenperin, Masrokhan melalui keterangan tertulis, Selasa (23/5/2023).

Kepala BPSDMI menyatakan, untuk menghadapi perkembangan dan tantangan global, pihaknya telah menetapkan kebijakan pengembangan SDM industri yang tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 1009 Tahun 2021 tentang Pengembangan Vokasi Industri Bertaraf Global Menuju Corporate University.

“Kebijakan tersebut dilihat sejalan dengan orkestrasi pemerintah dalam melakukan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022,” jelas dia.

Masrokhan menambahkan, dalam menghasilkan SDM industri yang kompeten, perlu menghadapi dua tantangan, yaitu transformasi teknologi 4.0 dan daya saing global.

Baca juga: Menparekraf Sayangkan Penipuan Dan Calo Tiket Konser Coldplay

“Untuk itu, tenaga pengajar harus meningkatkan kompetensi 4.0-nya dan perbanyak kemitraan dengan kampus, industri, lembaga sertifikasi internasional dan perwakilan kita di luar negeri agar hal ini bisa segera terwujud,” tutur dia.

Wakil Ketua Komite Tetap Vokasi Kadin Indonesia, Dasep Suryanto menyatakan bahwa kemitraan dan kolaborasi yang menguntungkan bagi semua pihak menjadi kunci penyelenggaraan program vokasi di Indonesia.

“Kadin Indonesia berperan aktif dalam menyelesaikan permasalah ketenagakerjaan di Indonesia dalam kegiatan vokasi dari identifikasi kebutuhan tenaga kerja, sosialisasi Super Tax Deduction, serta monitoring pemagangan dan pelatihan pelatih tempat kerja seperti yang dilaksanakan hari ini,” ungkap Dasep.

Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri (PPPVI) Kemenperin Emmy Suryandari menyampaikan, Pelatihan Pelatih Tempat Kerja ini adalah bagian penting dari penyelenggaraan pendidikan sistem ganda yang selama ini dilakukan guna menciptakan SDM industri yang siap kerja dan berdaya saing global.

“Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik pelatih tempat kerja dengan sertifikasi internasional dari Ekonid Jerman. Sehingga, pelatih tempat kerja di industri mampu menjadi pembimbing siswa/mahasiswa praktik kerja industri dengan baik, efektif, dan efisien,” jelas Emmy.

BPSDMI terus mendorong penyiapan pelatih tempat kerja yang dibekali dengan kemampuan pedagogi dan sertifikasi internasional guna memastikan penyelenggaraan praktik kerja industri atau magang yang berkualitas di perusahaan industri.

Leave a Reply