Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

BPOM Terbitkan Izin Edar Vaksin Valenina untuk Cegah Pneumonia Anak

Kepala BPOM, Penny Lukito sampaikan izin terbit vaksin valenina untuk cegah pneumonia pada anakKepala BPOM, Penny Lukito sampaikan izin terbit vaksin valenina untuk cegah pneumonia pada anak. (dok. BPOM)

Topcareer.id – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) dan Persetujuan Izin Edar Vaksin Valenina yang merupakan vaksin PCV, demi selamatkan anak-anak dari pneumonia.

Persetujuan ini diserahkan kepada PT Etana Biotechnologies Indonesia di Jakarta (25/10/2023). Kepala BPOM, Penny K. Lukito menyebut Vaksin Valenina sangat penting untuk memberantas penyakit pneumonia.

“Vaksin ini untuk bayi dan anak usia 6 minggu hingga 5 tahun untuk mencegah penyakit infeksi pneumokokal yang disebabkan 13 serotipe Streptococcus pneumoniae” Kata Kepala BPOM, Penny K.Lukito dalam siaran pers, dikutip Kamis (26/10/2023).

Lebih lanjut Penny menyampaikan bahwa BPOM berkomitmen mendampingi proses pengembangan hingga vaksin dapat diproduksi mandiri di dalam negeri pada tahun 2025.

BPOM akan melakukan pengawasan mulai dari distribusi rantai dingin (cold chain distribution) pada suhu 2-8oC hingga farmakovigilans Vaksin Valenina.

Dalam mengembangkan vaksin ini, dibutuhkan sumber daya yang berkualitas. “Saya yakin sumber daya manusia di PT Etana Biotechnologies Indonesia sangat baik dan ini bisa membuat sesuatu yang besar untuk negeri ini,” ujar Kepala BPOM.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa BPOM sejak 2017, BPOM telah memberikan asistensi regulatori untuk fasilitas produksi fill-finish produk rekombinan protein, peningkatan kompetensi melalui pelatihan, dan visitasi ke lapangan.

Baca juga: Status Endemi, Vaksin Dan Perawatan Covid-19 Masih Ditanggung Pemerintah

Pendampingan ini membuahkan hasil yang menggembirakan dengan terbitnya Sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) untuk fasilitas produksi PT Etana Biotechnologies Indonesia pada Desember 2019.

Berbagai pihak telah melakukan langkah-langkah penting untuk menyelamatkan anak Indonesia dari penyakit pneumonia. “Vaksin PCV kelak nanti bisa jadi vaksin nasional diharapkan bisa mengurangi angka kematian anak yang disebabkan penyakit pneumonia di Indonesia, dan kami berharap Indonesia bisa menjadi negara yang dapat memproduksi vaksin ini”, kata Presiden Direktur PT Etana Biotechnologies Indonesia, Nathan Tirtana.

Lebih lanjut beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas bimbingan yang selalu dilakukan BPOM saat PT Etana Biotechnologies Indonesia mengembangkan vaksin ini.

Pengembangan vaksin dalam negeri perlu dibangun dari kolaborasi berbagai pihak. “Kami berkolaborasi dengan LPDP dalam pengembangan vaksin dan harapannya nanti mahasiswa LPDP bisa mengembangkan vaksin di fasilitas kami”, kata Presiden Direktur PT Etana Biotechnologies Indonesia.

Lebih lanjut beliau berharap kelak berbagai institusi seperti universitas dapat bekerja sama dengan PT Etana Biotechnologies Indonesia dan vaksin tersebut akan sangat berguna bagi bangsa Indonesia.

Leave a Reply