Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tips Karier

Biar Terlihat Pede dan Pandai, Pakai 1 Kalimat Ini Saat Wawancara Kerja

Ilustrasi 1 kalimat yang bisa membuatmu tampil percaya diri dan pandai saat wawancara kerja.Ilustrasi 1 kalimat yang bisa membuatmu tampil percaya diri dan pandai saat wawancara kerja. (Dok/iStock)

Topcareer.id – Saat wawancara kerja, kamu tentu ingin keahlian, pengalaman, hingga kemampuanmu bisa tersampaikan dengan baik kepada rekruter. Dan jika kamu ingin mewujudkan pekerjaan impian, kamu perlu mengartikulasikan dengan meyakinkan mengapa kamu adalah orang terbaik untuk peran itu, lewat 1 kalimat.

Menurut Pakar Karier yang berbasis di New York City sekaligus Kreator, Erin McGoff mengatakan bahwa ada satu kalimat ampuh dan kuat yang bisa kamu gunakan dalam wawancara kerja, yang membedakan kamu dengan kandidat lain.

“Sebagai pakar karier, saya menemukan bahwa ada sejumlah fase menarik dan kuat yang ingin didengar oleh para profesional perekrutan. Salah satu kalimat paling ampuh yang dapat Anda gunakan dalam wawancara kerja adalah: ‘Satu hal yang membuat saya bersemangat tentang peran ini adalah….’” Kata McGoff dalam laman CNBC Make It.

McGoff menyebut 3 poin mengapa 1 kalimat itu akan membedakan kamu dari kandidat lainnya.

1. Itu membuatmu terdengar percaya diri

Dalam wawancara kamu perlu mengesankan perekrut, tapi baiknya ditunjukkan secara halus betapa kamu menginginkan peran itu. Nah, kalimat ini menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang penuh semangat, rasa ingin tahu, cakap, dan benar-benar tertarik dengan peran pekerjaanmu.

“Kamu tidak lagi meminta pewawancara untuk tertarik padamu. Kamu memberi tahu pewawancara apa yang menarik bagimu tentang peran tersebu,” ujar McGoff. Pergeseran dinamis kekuatan yang halus ini hanya dapat membantumu memperoleh pengaruh.

Baca juga: Sifat Nomor 1 Yang Paling Dicari Perekrut Saat Wawancara Kerja

2. Mengkomunikasikan kepositifan dan kemampuan

Menurut McGoff, pada awalnya, pewawancara hanya mencari kompetensi dasar. Jadi ketika kamu mengungkapkan apa yang benar-benar membuatmu bergairah tentang posisi tersebut, kamu menunjukkan antusiasme yang tidak hanya mengatakan “Saya bisa melakukan pekerjaan ini,” namun “Saya juga siap menghadapi tantangan yang menyertainya.”

Tentu saja, setiap perusahaan ingin kandidat yang tidak hanya mencari pekerjaan, tapi juga ingin menjadi bagian integral dari tim. Jadi, kalimat ini membangun hubungan antara pola pikirmu yang berpikiran maju dan potensi kontribusi yang dapat kamu berikan. Dan itu meninggalkan kesan mendalam.

3. Ini menunjukkan bahwa kamu telah melakukan penelitian dan persiapan

Pewawancara selalu mencari tahu apakah kandidat sudah siap. Apakah mereka melakukan penelitian? Apakah mereka mampu? Apakah mempekerjakan mereka dibandingkan orang lain merupakan pilihan yang tepat?

“Dengan menggunakan frasa seperti ‘Satu hal yang membuat saya antusias…,’ Kamu menyiratkan bahwa kamu tidak hanya mengetahui detail peran tersebut, namun kamu juga telah memikirkan bagaimana peran tersebut sesuai dengan minat dan tujuanmu,” ucapnya.

Ingatlah bahwa penelitian menunjukkan caramu mengatakan sesuatu lebih penting daripada apa yang kamu katakan. Jadi pastikan nada suara dan posturmu selaras dengan minat dan antusiasme.

Leave a Reply