Topcareer.id – Menurut penelitian baru LinkedIn, 85% profesional di Indonesia menyatakan sedang mempertimbangkan peluang kerja baru. Untuk itu, LinkedIn berbagi tips agar para profesional bisa mengambil kendali atas pencarian kerja pada 2024 ini.
Menurut LinkedIn dalam rilis resminya, keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan di Indonesia telah berubah 21% sejak 2015 dan diperkirakan akan berubah 65% secara global pada 2030.
“Lebih dari 72% profesional mengatakan mereka telah mengubah pendekatan pencarian pekerjaan dengan bereksperimen melalui format baru seperti video dan resume digital. Mereka juga antusias menggunakan AI di mana 76% profesional merasa lebih efisien dan produktif,” tulis rilis yang diterima Topcareer.id, Rabu (17/1/2024).
Sebanyak 69% profesional mengaku lebih sering post konten di LinkedIn dan sekitar 77% menjadi lebih aktif dalam mengembangkan jaringan profesional mereka.
Berikut ini tips dari LinkedIn Career Expert untuk mengambil kendali lebih atas pencarian kerja pada 2024:
1. Buat profil yang menonjol
Perbarui profil LinkedIn dan tulis ringkasan latar belakang dengan keterampilan kritis. Aktifkan fitur “Open to Work” di bagian profil. Gunakan tools premium baru berbasis AI untuk membantu merancang Headline dan About di Profil.
2. Jaga jaringan profesional, bahkan saat tidak mencari pekerjaan
Jalin koneksi seperti menyapa atau berkomentar pada post mereka di LinkedIn untuk membangun hubungan yang lebih kuat dan bisa mengarah pada peluang pekerjaan. Hal yang sama berlaku bagi manajer perekrut.
Baca juga: LinkedIn: 85% Profesional Di Indonesia Siap Cari Kerjaan Baru Pada 2024
3. Cari tempat yang memungkinkan pertumbuhan
LinkedIn memiliki informasi internal tentang pekerjaan paling populer saat ini dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkannya.
Laporan tahunan Jobs on the Rise menyajikan berbagai informasi bermanfaat untuk pencari kerja, termasuk keterampilan (dan kursus LinkedIn Learning), lokasi pekerjaan teratas, dan ketersediaan pekerjaan jarak jauh/hybrid untuk berbagai peran, membuat pencarian pekerjaan lebih produktif dan efisien.
4. Temukan pekerjaan yang tepat
Pakai fitur baru LinkedIn Job Collections untuk explore ragam pekerjaan yang relevan di berbagai industri, spesialisasi, dan perusahaan untuk memperluas wawasan. Hadapi perubahan karier secara kreatif karena jalur karier super linear sudah menjadi masa lalu.
5. Buat pencarian jadi lebih produktif
Dengan tools seperti Preferences di LinkedIn, memilih dan mengelola preferensi sekaligus jadi lebih cepat. Untuk semakin menghemat waktu, pelanggan Premium dapat mempersempit pencarian di bagian People untuk melihat orang-orang dengan tanda Actively Hiring di dalam atau di luar jaringan pengguna dan menyaring berdasarkan Jobs untuk melihat di mana mereka akan menjadi Top Applicant.