Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 13, 2024
redaksi@topcareer.id
Info Beasiswa

Kominfo & Chevening Buka Beasiswa Luar Negeri, Cek Syaratnya

Ilustrasi. Sumber foto: ecr.co.zaIlustrasi beasiswa Sumber foto: ecr.co.za

TopCareer.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal membuka program beasiswa S2 luar negeri Chevening buat Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Kominfo sendiri baru saja memperluas program beasiswa Kominfo-Chevening. Kemitraan dengan Program Beasiswa Chevening Pemerintah Inggris ini dilakukan untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sektor digital.

Wakil Menkominfo Nezar Patria menyatakan penyediaan program beasiswa luar negeri bagi para talenta muda Indonesia itu menjadi investasi bagi pengembagan talenta digital yang unggul.

“Kerja sama ini membuka kesempatan bagi mereka untuk memperkaya pengetahuan, keterampilan, dan juga jejaring yang dapat membawa perubahan positif di masa depan,” ujarnya dalam Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Beasiswa Kominfo-Chevening di Kantor Kedutaan Besar Inggris Jakarta Selatan, Kamis (30/5/2024).

Dikutip dari siaran pers Kominfo, Selasa (6/4/2024), penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Beasiswa Kominfo-Chevening dilakukan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo Hary Budiarto, dengan Head of Economic and Digital British Embassy Jakarta Samuel Hayes.

MoU ini menekankan pada kemitraan Kementerian Kominfo dan Program Beasiswa Chevening akan mulai pada tahun akademik 2025-2026 dan berlangsung untuk jangka waktu tiga tahun.

Beasiswa Kominfo-Chevening setiap tahun menyediakan peluang bagi lima orang dari Indonesia. Fasilitas pembiayaan mencakup biaya pendidikan termasuk ujian dan tesis, biaya hidup bulanan, hingga biaya perjalanan pesawat ke dan dari negara asal.

Baca Juga: Trik Sukses Lolos Wawancara Beasiswa, Cek Daftar Pertanyaan Pentingnya

Syarat Beasiswa Kominfo-Chevening

Mengutip akun Instagram @beasiswa.kominfo, ada tiga syarat utama yang wajib kamu miliki jika ingin mendaftar beasiswa Kominfo-Chevening ini:

  1. Sudah lulus S1 dan memiliki pengalaman bekerja selama minimal dua tahun
  2. Tidak sedang/pernah bekerja dan/atau punya hubungan kekerabatan dengan pegawai dari kedutaan Inggris di Indonesia maupun Kementerian Komunikasi dan Informatika RI
  3. Lolos screening periode aplikasi Chevening di bulan Agustus-November setiap tahunnya

Bidang Studi TIK yang Ditawarkan

Berikut bidang studi TIK yang ditawarkan dalam beasiswa S2 ini:

  • E-Commerce, E-business, Digital Economy
  • Hukum terkait TIK (Hukum Siber, Hukum IT, Hukum Telekomunikasi, dll)
  • Media dan Komunikasi
  • Kebijakan Publik Bidang TIK
  • Ilmu Komputer
  • Teknologi Informasi dan Sistem Informasi
  • Animasi
  • Telekomunikasi
  • Kecerdasan Artifisial
  • Smart City
  • Infrastruktur Berkelanjutan
  • Inovasi Digital dan Kewirausahaan

Kamu dapat mengakses https://www.chevening.org/ untuk mengetahui pembaruan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa luar negeri ini.

Leave a Reply