Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, June 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cek, Tips Olahraga Buat Kempiskan Lemak Perut

Ilustrasi lemak perut - lingkar pinggang.Ilustrasi lingkar pinggang lebar atau perut buncit. (Pexels)

TopCareer.idLemak perut seringkali jadi hal yang membuat seseorang merasa tidak pede dengan penampilannya, apalagi saat harus bertemu dengan orang lain.

Lemak pada perut pun juga dapat menimbulkan risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Maka dari itu, wajar jika banyak orang yang ingin mengurangi masalah ini.

Menurut Laura Cartwright, spesialis rehabilitasi jantung dan ahli fisiologi olahraga di Wrexham Maelor Hospital di situs British Heart Foundation mengatakan, bukti ilmiah menunjukkan tidak mungkin untuk mengurangi lemak di satu area tertentu, hanya dengan berolahraga di bagian tubuh tersebut.

“Tubuh menyimpan lemak sebagai trigliserida, yang dapat digunakan sebagai bahan bakar di bagian tubuh mana pun, tidak hanya di area olahraga,” kata Cartwright, seperti mengutip bhf.org.uk, Kamis (6/6/2024).

Cartwright pun mengatakan, melakukan latihan aerobik sambil mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat adalah cara terbaik untuk menghilangkan lemak perut dan lemak tubuh secara keseluruhan.

“Hal ini akan membantu menciptakan defisit kalori (di mana Anda menggunakan lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi), yang mendorong hilangnya lemak seiring berjalannya waktu,” ujarnya.

Baca Juga: Hilangkan Lemak Perut? Ahli Gizi Sarankan 3 Makanan Ini

Latihan aerobik sendiri bisa berupa aktivitas apa pun yang meningkatkan detak jantung seperti berjalan, menari, berlari, atau berenang. Ini juga termasuk melakukan pekerjaan rumah tangga, berkebun, dan bermain dengan anak-anak.

Jenis olahraga lain seperti latihan kekuatan, Pilates, dan yoga, juga dapat membantu Anda menghilangkan lemak perut. Cartwright juga merekomendasikan olahraga ambil duduk untuk membakar kalori atau meningkatkan tingkat kebugaran aerobik, apabila Anda merasa susah berjalan atau berdiri.

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, disarankan melakukan aktivitas intensitas sedang setidaknya 150 menit per minggu.

Usahakan untuk berolahraga pada tingkat di mana Anda menjadi sedikit kehabisan napas namun masih dapat berbicara dalam kalimat lengkap. Luangkan waktu untuk melakukan pemanasan sebelum dan melakukan pendinginan setelah berolahraga. Jika mulai merasa sesak napas, pelan-pelan saja dan istirahatlah.

Buat yang baru berolahraga, mulailah secara bertahap dan tingkatkan secara bertahap.

“Anda tidak perlu olahraga dengan intensitas tinggi untuk membakar kalori. Stres dan kurang tidur juga dapat mempengaruhi hilangnya lemak, karena dapat menyebabkan peningkatan hormon stres kortisol sehingga mempengaruhi nafsu makan,” kata Cartwright.

Maka dari itu, penting untuk tetap olahraga dengan teratur, makan makanan sehat, serta beristirahat dengan cukup, jadi cara yang tepat untuk mengatasi lemak perut.

Leave a Reply